Masyarakat Pentagen Tidak Puas Atas Tuntutan Jaksa Terhadap Terdakwa Penyerangan Dan Pembakaran.

Iklan Semua Halaman

Loading...

Masyarakat Pentagen Tidak Puas Atas Tuntutan Jaksa Terhadap Terdakwa Penyerangan Dan Pembakaran.

25 January, 2019

PORTALBUANA.COM - KERINCI. Sidang tuntutan dari jaksa terhadap terdakwa penyerangan dan pembakaran rumah masyarakat pendung talang genting kabupaten kerinci membuat ke tidak puasan masyarakat pendung talang genting. Dengan ketidak puasan masyarakat pendung talang genting terhadap tuntutan jaksa yang mana dalam tuntutan jaksa menuntut terdakwa 2 tahun 6 bulan penjara membuat masyarakat pendung takang genting kecewa. 

Dengan kekecewaan terhadap tutuntan jaksa tersebut ratusan masyarakat pendung talang genting mendatangi kantor kejaksaan untuk menggelar aksi sebagai ungkapan kekewaan masyarakat pendung talang genting terhadap tuntuan jaksa. 

Dalam aksi yang di gelar ratusan pendung talang genting terlihat para aksi sangat histeris dan menangis atas ketidak adilan  tuntutan jaksa. Terhadap terdakwa yang telah membakar dan menjarah rumah masyarakat pendung talang genting yang hanya di tuntut oleh jaksa selama 2 tahun 6 bulan penjara. 

Aksi tersebut di tanggapi langsung oleh kajari. Dalam aksi tersebut kajari menyampaikan"dalam proses hukum kami memacu pada UU yang ada. Memang dalam UU yang ada menuntut pidana max 15 tahun. Namun kami tidak bisa menuntut secara maximal semua perkara kecuali itu hal yang sangat memberat kan. 

Dalam hal ini kamj menjelaskan bahwa sebelum nya kami menagani perkara pentagen yang menuntut paling tinggi 5 tahun. Namun berdasar kan pertimbangan bahwa tersangka belum pernah di proses sebelum nya juga tersangka sudah berusia lanjut.  Dalam perkara ini tidak bisa dilimpah kan kepada ke 3 tersangka ini saja. Karena ini gerakan dari masa. Tidak bisa di timpakan kepada ke 3 tesangka ini saja. 

Kemudian itu kan hanya tuntutan kami dari jaksa saja. Kunci dari perkara ini tentu adalah keputusan dari pada hakim. Bisa saja hakim lebih tinggi memutus kan tuntutan dari pada kami. Atau bisa sama dengan tuntutan kami. Itu semua hak dari pada hakim tutur kajari dalam menanggapi tuntutan aksi masyarakat pentagen. 

Rasa kurang puas dari masyarakat pentagen terhadap tuntutan jaksa aksi dilanjutkan ke kantor pengadilan. Aksi yang di gelar di kantor pengadilan dengan penuh rasa haru dan tangis masyarakat pentagen menyampaikan keluhan dan ketidak puasan terhadap tuntutan jaksa di kantor pengadilan. 

Dari korlap aksi yang di gelar masyarakat pendung talang genting menyampaikan kepada awak portal buana. " kami menuntut ke adilan kepada jaksa atas tuntutan yang jatuh kan kepada terdakwa yang telah membakar rumah kami. Tuntutan nya sama dengan tindak pidana ringan. Ini bukan lah kejahatan kecil yang dilakukan terdakwa. Rumah kami di bakar di jarah trauma terhadap anak anak kami korban fisikologis dan materi tidak terhitung lagi yang kami tanggung. 

Kami tidak menuntut kerugian terhadap mereka kami patuh pada pemimpin kami mengatakan kita tempu jalur hukum. Namun hukum tidak berpihak pada kami. Tuntutan 2 tahun 6 bulan sangat lah hina bagi kami. Kami ingin di hukum seberat berat nya kepada terdakwa sesuai dengan pasal 187 ayat 2 yang berikan tuntutan terhadap jaksa dengan acaman hukuman 15 tahun penjara. Namun tuntutan 2 tahun 6 bulan tidak sesuai dengan pasal 187 ayat 2 tersebut pungkas korlap abdul basit. Kepada awak portal buana. ( fc)