Gempa Bumi Berkekuatan 8 Melanda Hutan Amazon di Peru

Iklan Semua Halaman

Loading...

Gempa Bumi Berkekuatan 8 Melanda Hutan Amazon di Peru

26 May, 2019

PORTALBUANA.COM, LIMA, Peru (AP) - Sebuah gempa bumi besar dengan kekuatan awal 8,0 melanda hutan Amazon di Peru utara-tengah hari Minggu pagi, survei Geological A.S. melaporkan.

Gempa itu, pada kedalaman moderat 110 kilometer (68 mil) melanda pada jam 02:41 pagi, 80 kilometer tenggara desa Lagunas dan 158 kilometer (98 mil) timur-timur laut kota Yurimaguas yang lebih besar.

Tidak ada laporan langsung tentang korban, meskipun beberapa bangunan runtuh dan pemadaman listrik dilaporkan di sejumlah kota. Gempa bumi yang dekat dengan permukaan umumnya menyebabkan lebih banyak kerusakan.

Dalam sebuah tweet, Presiden Martín Vizcarra menyerukan agar tenang dan mengatakan bahwa pihak berwenang sedang memeriksa daerah yang terkena dampak.

Gerakan telurium yang kuat yang terjadi pagi ini terasa di beberapa daerah di negara ini. Kami sedang mengevaluasi daerah yang terkena dampak. Saya meminta semua warga negara untuk tetap tenang. @COENPeru telah memantau dan mengevaluasi situasi.

Walikota Lagunas, Arri Pezo, mengatakan kepada stasiun radio lokal RPP bahwa gempa itu terasa sangat kuat di sana, tetapi tidak mungkin untuk bergerak di sekitar kota karena kegelapan.

Di Yurimaguas, sejumlah rumah tua runtuh, dan listrik terputus, menurut Pusat Operasi Darurat Nasional, yang memberi kekuatan gempa 7,2.

Di ibu kota, Lima, orang-orang lari keluar dari rumah mereka dengan ketakutan.

Gempa bumi sering terjadi di Peru, yang terletak di Cincin Api Pasifik.(AP)