Rusia Meluncurkan Pemecah Es Nuklir Ural Untuk Mengeksploitasi Potensi Komersial Arktik - Dua Lagi Akan Menyusul

Iklan Semua Halaman

Loading...

Rusia Meluncurkan Pemecah Es Nuklir Ural Untuk Mengeksploitasi Potensi Komersial Arktik - Dua Lagi Akan Menyusul

30 May, 2019

PORTALBUANA.COM, RUSIA. 30/5/2019. Rusia meluncurkan kapal pemecah es bertenaga nuklir pada hari Sabtu, bagian dari program ambisius untuk memperbarui dan memperluas armada kapal untuk meningkatkan kemampuannya memanfaatkan potensi komersial Arktik.

Kapal, yang dijuluki Ural dan yang melayang keluar dari galangan kapal di St Petersburg, adalah salah satu dari trio yang ketika selesai akan menjadi pemecah es terbesar dan paling kuat di dunia.

Rusia sedang membangun infrastruktur baru dan merombak pelabuhannya, di tengah siklus iklim yang lebih hangat, Rusia menyiapkan lebih banyak lalu lintas melalui apa yang disebutnya Rute Laut Utara (NSR) yang diperkirakan akan dapat dilayari sepanjang tahun

Ural akan diserahkan kepada perusahaan energi nuklir milik negara Rusia Rosatom pada tahun 2022 setelah dua pemecah es lainnya dalam seri yang sama, Arktika (Arktik) dan Sibir (Siberia), memasuki layanan.

"Ural bersama dengan para susternya adalah pusat dari proyek strategis kami untuk membuka NSR untuk kegiatan sepanjang tahun," Alexey Likhachev, kepala eksekutif Rosatom, mengatakan.

Presiden Vladimir Putin mengatakan pada bulan April Rusia meningkatkan pembangunan kapal pemecah es dengan tujuan meningkatkan lalu lintas barang secara signifikan di sepanjang pantai Kutub Utara.

Dorongan ini adalah bagian dari upaya untuk memperkuat tangan Moskow di High North karena bersaing untuk bersaing dengan saingan tradisional Kanada, Amerika Serikat dan Norwegia, serta pendatang baru China.[source : scmp.com]