4 Orang Meninggal Ketika Kekerasan Politik Meletus di Negara Bagian Benggala Barat

Iklan Semua Halaman

Loading...

4 Orang Meninggal Ketika Kekerasan Politik Meletus di Negara Bagian Benggala Barat

09 June, 2019

PORTALBUANA.COM, INDIA. Minggu, 9/6/2019, Tiga pendukung partai sayap kanan yang berkuasa di India dan satu lagi dari saingannya tewas dalam baku tembak di negara bagian Benggala Barat.

Sedikitnya 18 orang lainnya cedera dalam bentrokan yang pecah pada hari Sabtu di negara bagian timur yang telah meningkat sejak Partai Perdana Menteri Narendra Modi Bharatiya Janata (BJP) melancarkan kampanye agresif untuk memenangkan kursi parlemen tahun lalu.

"Tiga orang yang tewas adalah pekerja BJP sementara yang lain adalah pendukung partai Trinamool [regional]," kata seorang pejabat polisi yang tidak disebutkan namanya kepada kantor berita AFP.

Pemimpin BJP setempat, Mukul Roy, mentweet tiga pekerja BJP "ditembak mati" di Sandeshkhali, Benggala Barat.


Bentrokan pecah karena pengibaran bendera BJP dan pemasangan poster, kata sekretaris jenderal BJP di negara bagian itu, Sayantan Basu.

"Mereka mencoba membuang bendera dan poster partai kami dan ketika kami memprotes, pekerja kami ditembak dari jarak dekat," kata Basu seperti dikutip oleh Press Trust dari kantor berita India.

Menteri Negara Jyotipriyo Mullick, yang menjadi anggota Kongres Trinamool, mengatakan salah satu pendukung partai "dibajak dan ditembak mati oleh para pekerja BJP".

"Ketika dia dalam perjalanan untuk menghadiri pertemuan partai, dia diretas pada awalnya. Ketika dia berhasil membebaskan dirinya, dia ditembak mati," kata Mullick kepada wartawan di Sandeshkhali.

Partai Modi memenangkan 303 kursi di parlemen nasional, menambah jumlah sebelumnya dari 282 kursi pada 2014.

Kongres Trinamool - yang memiliki basis di Bengal Barat dan dipimpin oleh penghasut Mamata Banerjee - menuduh BJP menimbulkan masalah di negara bagian itu.

Benggala Barat telah menyaksikan beberapa permusuhan paling keras antara pihak-pihak yang berseteru. Bulan lalu, seorang pendukung BJP ditembak mati di ibukota negara bagian Kolkata dan sebuah mobil milik anggota Trinamool dilempari batu.

Tahun lalu, seorang pekerja BJP terbunuh dan tubuhnya digantung di pohon. Perdana Menteri Modi menyebut pembunuhan itu "memalukan dan anti-demokrasi".

SUMBER: AL JAZEERA DAN BADAN BERITA