Diklaim Mampu Saingi Pamor Bitcoin dan Dolar, Apa Keunggulan Libra Coin?

Iklan Semua Halaman

Loading...

Diklaim Mampu Saingi Pamor Bitcoin dan Dolar, Apa Keunggulan Libra Coin?

21 June, 2019
Diklaim Mampu Saingi Pamor Bitcoin dan Dolar, Apa Keunggulan Libra Coin, (Ilustrasi/Shutterstock).

PORTALBUANA.COM, Keberadaan mata uang digital saat ini tengah dimiliki oleh Bitcoin yang mempunyai cukup pamor. Nah, baru-baru ini Facebook mengeluarkan mata uang cryptocurrency baru yang diberi nama Libra Coin.

MoneySmart.id sebelumnya juga udah pernah mengulas soal keberadaan mata uang digital Bitcoin yang banyak digandrungi oleh orang. Mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga hingga selebriti Hollywood pun juga senang nih memiliki Bitcoin.

Kini hadir yang namanya Libra Coin, seperti dikutip dari CNBCIndonesia.com, Rabu, (19/6/2019), keberadaan mata uang digital keluaran Facebook ini diklaim mampu menyaingi mata uang dunia lho. Hal ini diungkapkan oleh CEO Tally Jason Brown.

“Ini benar-benar mengancam mata uang resmi yang diterbitkan pemerintah, bank-bank yang menyimpannya dan jaringan transmisi yang digunakan,” ujar Jason Brown yang gak lain adalah satu pendiri aplikasi finansial.

Belum lama ini emang Facebook telah mengumumkan keberadaan uang Libra yang ia luncurkan pada (18/6). Cryptocurrency yang diberi nama Libra diklaim bisa memudahkan bagi penggunanya mengirimkan uang ke seluruh dunia.

Mata uang Libra ini rencananya bakal dijalankan oleh salah satu organisasi yang bernama Libra Association di mana kantornya berlokasi di Jenewa, Swiss. Facebook sendiri memiliki kuasa buat mengoperasikan dompet digital demi membantu nasabah yang pengin menukar maupun menyimpan mata uang Libra ini.

Dompet yang diberi nama Calibra ini nantinya mampu mempermudah pemilik mata uang Libra buat menukar dan menyimpannya.

“Orang-orang tidak mengerti bagaimana ini bisa menganggu jika benar-benar sudah diluncurkan,” tambah Jason Brown.

Mata uang Libra bakal banyak keunggulannya

Mata uang Libra bakal banyak keunggukan dan bakal bersaing dengan Bitcoin maupun Dolar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Uang Libra ini juga disinyalir bakal banyak digunakan oleh orang-orang yang berada di negara maju. Nantinya mata uang Libra Coin ini bakal digunakan buat kebutuhan sehari-hari, misalnya buat membayar tagihan selambat-lambatnya pasca dirilis di tahun 2020 mendatang.

Dan keberadaan uang Libra ini juga bakal sangat pesat nih penggunaannya. Uang Libra bakal digunakan sebagai cara utama orang buat mendapatkan uang dari negara-negara maju.

Sebelumnya Facebook emang pernah sempat kehilangan kepercayaan penggunaan lantaran adanya skandal masalah privasi data dan keamanan data pengguna. Dengan meluncurkan Libra Coin, Facebook berharap bisa mendapatkan kepercayaan lagi nih dari jutaan penggunanya.

“Mereka gak mungkin memilih waktu yang lebih buruk lagi,” ungkap Jason. “Saya pikir sebagian besar konsumen bakal mengaitkan Libra ini dengan Facebook,” tambahnya lagi.

Mata uang digital atau yang lebih dikenla dengan cryptocurrency ini berbasis blockchain. Seperti kita ketahui diberi nama Libra pada awal tahun 2020 mendatang.

Kalau kamu pengin tahu nih, apa aja sih keunggulan dari Libra Coin ini? Yuk, kita intip bareng-bareng seperti yang dikutip MoneySmart.id dari CNBCIndonesia.com.

Koin Libra
Bitcoin bakal punya pesaing baru nih di Cryptocurrency, (Ilustrasi/Shutterstock).

Libra Coin ini bakal menjadi mata uang digital dan bakal mendapatkan dukungan dari cadangan aset dunia nyata termasuk deposito bank dan surat berharga pemerintah buat jangka pendek. Udah gitu uang Libra ini juga dikendalikan atau dipegang oleh jaringan penjaga.

Cara ini emang dilakukan demi menarik kepercayaan orang banyak yang mampu menstabilkan keadaan nilai mata uang ini. Udah gitu nih, mata uang ini juga bisa kamu konversi koin menjadi mata uang tradisional berdasarkan nilai tukar yang berlaku.

Selain itu, Libra juga bakal diperjual-belikan di bursa mata uang digital. Nah, buat bursa mata uang digital ini emang belum diumumkan oleh Facebook.

Mengadaptasi teknologi Blockchain

Blockcahin bakal diadaptasi di mata uang Libra ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketika kamu memiliki mata uang Libra ini, buat transaksi cryptocurrency ini bakal diberdayakan dan dicatat oleh blockchain, lalu ada buku besar transaksi yang berbasis digital alias komputer.

Libra Association

Libra bakal diawasi oleh Association Libra di Jenewa, Swiss, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mata uang Libra ini sendiri bakal memiliki asosiasi sendiri lho. Libra Association merupakan nirlaba independen yang beranggotakan 28 perusahaan. Udah gitu asosiasi ini bakal berbasis di Jenewa, Swiss yang dikenal dengan keamanan data bagi para nasabah.

Bakal ada dompet digital

Nantinya mata uang Libra bakal ada dompet digitalnya sendiri, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mata uang Libra ini juga bakal memiliki dompet digital. Jadi nantinya bagi individu atau traders bakal dapat menggunakan Calibra buat menyimpan, mengirim dan menerima Libra.

Dompet digital ini bakal tersedia sebagai aplikasi mandiri di ponsel-ponsel pintar serta bakal terhubung dengan aplikasi pesan Facebook Messenger dan WhatsApp.

Soal kenyamanan buat Libra Coin gimana nih?

Soal kenyamanan dan keamanan data pemilik bakal dijamin banget nih, (Ilustrasi/Shutterstock).


Jangan khawatir buat para individu atau traders pengin memiliki mata uang Libra ini bakal mendapatkan keamanan dan privasi sangat dijaga banget lho!

Setiap orang yang bakal menggunakan Calibra mesti melalui proses “Know Your Customer”. Cara ini diklaim merupakan salah satu memverifikasi identitas pengguna buat mencegah kejahatan digital di sektor keuangan.

Jadi bagi kamu yang pengin memiliki mata uang Libra ini harus mendaftarkan dengan memberikan ID resmi yang dikeluarkan pemerintah. Gak cuma itu, semua data dan informasi data pribadi kamu juga bakal tercatat nih.

Nantinya Calibra bakal membantu bagi orang-orang yang pengin menggunakan mata uang ini.

Nah, itu dia secuil cerita Libra Coin yang bakal menjadi pesaing mata uang lainnya termasuk Bitcoin bahkan Dolar lho! Minat buat memiliki Libra Coin ini? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).(sumber : www.moneysmart.id