Irak: Warga Sipil Tewas Dalam Ledakan di Baghdad di Masjid Syiah

Iklan Semua Halaman

Loading...

Irak: Warga Sipil Tewas Dalam Ledakan di Baghdad di Masjid Syiah

22 June, 2019
Pasukan keamanan dikerahkan di lokasi yang ditutup situs [Khalid Al-Mousily / Reuters]

PORTALBUANA.COM, INTERNATIONAL. Ledakan itu terjadi selama shalat Jumat siang di dalam masjid Imam Mahdi al-Muntadhar di lingkungan al-Baladiyat.

Beberapa orang tewas dalam ledakan di masjid Muslim Syiah di ibukota Irak, Baghdad, menurut sumber kepolisian dan keamanan. 
Ledakan itu menghantam masjid Imam Mahdi al-Muntadhar di lingkungan Baladiyat saat salat Jumat, di dekat distrik Kota Sadr yang padat dan padat penduduk. 

Penyerang itu mengenakan sabuk bermuatan peledak yang menargetkan masjid, Kapten Polisi Ahmed Khalaf mengatakan kepada Anadolu Agency. 

Dia mengatakan 10 orang tewas dan belasan lainnya terluka, sementara laporan kantor berita lain yang mengutip sumber-sumber keamanan tak dikenal menyebutkan jumlah korban tewas sedikitnya tujuh orang. Tidak ada klaim tanggung jawab.

Irak telah menyaksikan periode tenang relatif yang jarang terjadi dalam beberapa bulan terakhir setelah puluhan tahun konflik berturut-turut, termasuk bertahun-tahun kekerasan sektarian yang secara teratur menyebabkan puluhan orang tewas dalam ledakan di Baghdad. 

Pada 2017, Irak mendeklarasikan kemenangan terhadap kelompok Negara Islam Irak dan Levant (ISIL atau ISIS), yang juga melakukan serangan massal terhadap warga sipil di ibukota. 

Situasi keamanan yang meningkat telah menyebabkan para pejabat membongkar dinding ledakan beton, kawat berduri dan pos-pos pemeriksaan yang telah ada di mana-mana di Baghdad. Namun serangan tabrak lari sesekali berlanjut. 

Bulan lalu, setidaknya delapan orang tewas dan 15 lainnya luka-luka akibat pemboman bunuh diri di sebuah pasar di Baghdad timur. Pada November, ledakan di beberapa distrik mayoritas Syiah menewaskan enam orang, kebanyakan dari mereka warga sipil. SUMBER: BADAN BERITA ALJAZEERA