Jama'ah Muhammdiyah Jiken Gelar Shalat Idul Fitri Dengan Khusuk dan Khidmat

Iklan Semua Halaman


Loading...

Jama'ah Muhammdiyah Jiken Gelar Shalat Idul Fitri Dengan Khusuk dan Khidmat

05 June, 2019

PORTALBUANA.COM, SIDOARJO, Pelaksanaan shalat idul fitri 1440 H/2019 M yang digelar pimpinan ranting Muhammadiyah (PRM) Jiken bersama jama'ah berlangsung dengan penuh khidmat dan khusu', bertempat di lapangan Vollyball Desa Jiken Tulangan Sidoarjo, Rabu, 5/6/2019.

Bertindak sebagai Khatib dan Imam Drs. Khomsun sang Mubaligh dari SDN 01 Pucang Sidoarjo.

Dalam khutbahnya mengatakan, Idul Fitri merupakan cerminan dan praktek dari prilaku, amalan selama bulan Ramadhan. Artinya kualitas dan kuantitas Ibadah yang kita lakukan, hendaknya dapat kita praktekan dan lanjutkan setiap hari dibulan-bulan yang lainnya."ujar Ustadz Senior Muhammadiyah dengan suara yang lantang itu.


Dikatakan,  betapa banyak umat Islam dewasa ini yang menyia-nyiakan kesempatan emas di bulan suci ramadhan. Bukan meningkatkan frekuensi ibadah malah terlena dengan kesibukan dunia yang membudaya di tengah masyarakat. Contohnya, setiap 10 hari terakhir dibulan suci ramadhan, banyak umat yang meninggalkan jama'ahnya, terutama shalat isya, taraweh dan witirnya. Mereka berpindah haluan ke pusat perbelanjaan dan persiapan mudik lebaran.

Padahal di waktu akhir ini Allah SWT sudah menjajikan bonus kepada umatNya yakni malam laitul qadar. Tapi sayang hanya sebagian dari umatNya yang mampu menjalankan ini. Selain itu, barang siapa yang mengisi menjalankan ibadah Ramadhan dengan istiqomah Allah ampuni dosanya yang lalu, "ungkap Da'i yang ceramahnya penuh semangat dan berapi-api itu.


Lebih jauh disampaikan, puasa ramadhan melatih dan menjadikan umat yang Istiqomah sesuai firman dalam surat Fushilat 31-32 berbunyi "sesungguhnya siapa yang mengatakan Allah SWT. sebagai Tuhannya dan Rasulullah Muhammad SAW. sebagai Rasulnya dan Istiqomah hingga akhir hayatnya, Dia akan memasukkan dirinya ke syurga dan didoakan oleh para malaikat. Jadi barang siapa yang selalu istiqomah dalam kehidupan, maka di dunia Allah SWT akan berikan kemudahan dan Syurga di akhirat". Kemudian Allah SWT. juga katakan dalam surat At-Thalaq (barang siapa yang bertaqwa dan istiqomah di jalanNya  maka Allah akan mudah jalan kehidupan dan rezekinya.

Kemudian lanjutnya, tujuan Allah menatar umatnya di bulan suci ramadhan agar para hambanya masuk syurga sesuai dalam surat 33 (al ahzab) "sesungguhnya orang muslimin, muslimat,  orang yang khusu', orang-orang yang sabar, orang-orang senantiasa bersedeqah, menjadi orang-orang yang senantiasa berpuasa , laki dan perempuan yang menjaga harga dirinya, laki dan perempuan yang selalu ingat kepada Allah swt dimanapun ia berada, maka Allah swt akan berikan ampunan dan syurga kepadanya.

"Mudah-mudahan semua do'a dan ibadah, kita diterima Allah SWT. dan kita semua diberi kesempatan lagi bertemu dengan Ramadhan tahun berikutnya, minal aidin wal faizin, mohon lahir dan bathin, " tutup ASN senior itu. (Zulkifli)