Pemerintah Kota Pariaman Melalui Dinas Sosial Menangani Kasus Orang Terlantar

Iklan Semua Halaman

Loading...

Pemerintah Kota Pariaman Melalui Dinas Sosial Menangani Kasus Orang Terlantar

21 June, 2019

PORTALBUANA.COM, (Kota Pariaman)---Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Sosial manangani kasus orang terlantar yang tidak kenal identitasnya dilaporkan masyarakat ke Dinas Sosial Kota Pariaman beberapa hari lalu.

" Saat mendapat kabar dari masyarakat dan kepolisian, Dinas Sosial langsung ke lokasi untuk melakukan pengecekan. Karena dia ditemukan malam, untuk sementara diinapkan dirumah penampungan orang terlantar binaan Dinas Sosial, “ ungkap Kepala Dinas Sosial Afnil di kantornya Kamis (20/6/2019).

Penanganan dilakukan dinas sosial akan mencari tahu identitasnya melalui data di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pariaman lewat sidik jari dan bola mata.

“ Memang baru sekarang bisa kita lakukan pengecekan datanya karena sejak ditemukan sampai tadi pagi kondisi jiwanya belum stabil dan masih susah diajak berkomunikasi, “ tambahnya.

Setelah diketahui identitasnya, perempuan ini bernama Tumyati (25) kelahiran 1994 dengan alamat Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

“ Kami Dari Dinas Sosial akan menghubungi Dinas Sosial Brebes untuk mengetahui keluarga mereka disana dan kalau memang Tumyati tidak punya keluarga di seputaran Pariaman, akan diantar langsung ke rumah orang tuanya setelah kondisinya stabil, “ tambahnya.

Sementara itu Ketua Pengelola Rumah Perlindungan Sosial Anak, Teta Sabar mengatakan, “ saat ini kita sudah mengetahui identitasnya dan langkah selanjutnya akan dilakukan pendampingan sampai bertemu dengan keluarga kandung, namun tetap akan kita periksa kesehatan, tes urin dan pendekatan persuasive hingga menyebarnya ke media sosial “.

Kondisi terakhir Tumyati memang sedikit terganggu kejiwaan dan besok akan didatangkan langsung oleh Dinas Sosial seorang Dokter Psikolog untuk melakukan lebih pendekatan agar ingatannya kembali pulih dan kondisinya stabil

Kasus ini merupakan kasus yang ketiga kalinya ditangani oleh Dinas Sosial di Tahun 2019 dan semua kasus yang ditangani selesai dengan baik.

Ia berharap agar tidak ada lagi kasus serupa ditemukan dan untuk itu diminta kepada seluruh masyarakat yang ada di Kota Pariaman dan sekitarnya untuk menjaga saudara, sanak family yang memang sedikit mengalami gangguan jiwa karna dunia luar itu lebih kejam dari kurungan dirumah atau bila ada keluarganya yang mengalami hal serupa dan tidak sanggup menjaganya dirumah bisa laporkan ke Dinas Sosial agar kita carikan jalan keluarnya.(dhewi)