Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman, H. Jonpriadi, SE, MM Hadiri Wisuda Siswa Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM)

Iklan Semua Halaman


Loading...

Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman, H. Jonpriadi, SE, MM Hadiri Wisuda Siswa Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM)

21 June, 2019

PORTALBUANA.COM, (Padang Pariaman) Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman, H. Jonpriadi, SE, MM hadiri wisuda siswa Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Pariaman, Rabu (19/06/2019).

SUPM kembali melaksanakan wisuda sebanyak 144 siswa pada Angkatan XXXI tahun pelajaran 2018/2019 di Gedung SUPM Pariaman.

Turut hadir Sekretaris Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan RI, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Perikanan Kab. Padang Pariaman, Camat IV Koto Kampung Dalam.

Sekda Jonpriadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa tingkat konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Padang Pariaman tahun 2017 sebanyak 36,06 Kg/Kapita/Tahun, artinya selama tahun 2017 setiap masyarakat Kabupaten Padang Pariaman baru mengkonsumsi ikan sebanyak 36,06 Kg.

Angka ini masih di bawah angka konsumsi ikan Provinsi Sumatera Barat yang sudah mencapai 41 kg/kapita, serta di bawah tingkat konsumsi ikan nasional sebesar 43,94 Kg/kapita.

Mantan Kepala Bappeda itu menyampaikan apresiasi kepada SUPM Negeri Pariaman yang sudah turut berpartisipasi ambil bagian bersama pemerintah dalam meningkatkan tingkat konsumsi ikan di wilayah Padang Pariaman dan Sumatera Barat.

"Selain meningkatkan kecerdasan, dengan meningkatnya konsumsi ikan diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru di sektor kelautan dan perikanan diantaranya usaha pengolahan hasil perikanan, serta usaha pemasaran hasil olahan perikanan," ujar Jonpriadi.

Ia juga menambahkan bahwa Pemkab Padang Pariaman juga tengah menggalahkan kegiatan Gemarikan (Gerakan Masyarakat Makan Ikan) dengan berbagai inovasi seperti Sabiduak Pari, Sosis Gemarikan, Sibudi Tampan dan Inovasi Sinela Manis.

Sebanyak 144 lulusan SUPM Negeri Pariaman terdiri atas empat Program Studi yakni Program Keahlian Nautika Perikanan Laut (NPL) sebanyak 43 siswa, Program Keahlian Teknika Perikanan Laut (TPL) sebanyak 34 siswa, Program Studi Teknologi Budidaya Perikanan (TBP) sebanyak 34 siswa dan dari Program Keahlian Teknologi Hasil Perikanan (TPHP) sebanyak 33 siswa.

Kepala SUPM, Harisjon, S.Pi, M.Si menyampaikan bahwa para siswa yang diwisuda hari ini sebanyak 144 siswa dan juga telah dibekali dengan sertifikasi kompetensi keahlian yang telah diterbitkan oleh BNSP melalui LSP-KP sesuai program keahlian masing masing dan sertifikat tambahan lain seperti Program Keahlian NPL dan TPL mendapatkan tambahan sertifikat ANKAPIN 2, BST (Basic Safety Training),

Untuk program keahlian TBP mendapat sertifikat MPM CPIB dan Program Keahlian TPHP mendapatkan sertifikat keahlian HACCP.

"Pada Wisuda angkatan Ke 31 ini SUPM Negeri Pariaman berhasil meluluskan 100 persen siswanya yakni sebanyak 144 siswa," ujar Harisjon.

Ia juga menyampaikan bahwa SUPM Pariaman sedang dalam proses untuk menjadi Politeknik Perikanan (Poltek Perikanan) Pariaman.

Untuk lulusan tahun angkatan 2018/2019 ini, Wisudawan SUPM Pariaman diserap oleh Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) KP dalam negeri sebanyak 58 orang, bekerja di DU/DI KP luar negeri 52 orang, calob wirausaha Perikanan sebanyak 12 orang dan melanjutkan pendidikan tinggi sebanyak 22 orang. (rel/aa)