BNNK Ringkus Tersangka Pengedar Narkoba di Pasbar

Iklan Semua Halaman

BNNK Ringkus Tersangka Pengedar Narkoba di Pasbar

30 July, 2019
BNNK Pasaman Barat saat melakukan Pers Realase penangkapan satu tersangka Narkoba di Simpang Empat, Selasa (30/7/2019). (Foto: Heri/ Covesia)

PORTALBUANA.COM, PASAMAN. -Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pasaman Barat berhasil mengamankan seorang tersangka pengedar Narkoba jenis Ganja Kering di Bancah Galinggang, Nagari Persiapan Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia.

Kepala BNNK Pasaman Barat, Irwan Effenry kepada Covesia.com, mengatakan tersangka pengedar yang berinisial ALN (27) warga Jorong Sukajadi, Nagari Persiapan Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia diringkus pada Senin sore (29/7/2019) kemaren.

"Dari tangan tersangka turut diamankan Barang Bukti (BB) berupa satu paket besar Ganja kering dengan berat 329 Gram. Kemudian satu unit sepeda motor Jenis Matic, merk Beat warna Hitam Kuning yang digunakan pelaku saat ditangkap petugas BNNK Pasbar,"terang Irwan Effenry, Selasa (30/7/2019).

Irwan Effenry mengatakan penangkapan tersebut berawal dari adanya informasi masyarakat setempat bahwa sudah gerah dengan perbuatan tersangka yang sering melakukan transaksi Narkoba didaerah tersebut.

"Mendapati informasi tersebut kami dari BNNK, turun bersama untuk melakukan pengintaian terhadap tersangka. Petugas juga melakukan penyamaran untuk membeli (buy back). Usai dipancing dengan cara itu, tersangka baru bisa diamankan Senin sore (29/7/2019) kemarin di Bancah Galinggang, Nagari Persiapan Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia,"katanya.

Dari pengakuan tersangka kata dia, seluruh BB tersebut dibeli dari salah seorang pelaku lain di Ujung Gading, Pasbar.

"Penangkapan itu juga disaksikan langsung oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas Sasak Ranah Pasisia serta masyarakat setempat. Sementara untuk pelaku lain pemasok dari Ujung Gading yang berinisial SR (27) warga Maligi masih dalam Pengejaran (DPO). Sedangkan untuk tersangka masih terus kita dalami adanya pelaku lain dan menitipkan di Rutan Polres Pasbar,"tambahnya.

Tersangka kata dia yang merupakan kurir atau pengedar jaringan dijerat  Pasal 114 ayat 1 jo 111 ayat 1  UU nomor 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

"Peredaran Narkoba khususnya jenis Ganja kian marak di Pasaman Barat. Untuk itu kami minta peran serta semua elemen masyarakat untuk memberantasnya. Kemudian kepada orangtua untuk terus mengawasi tindakan anak dilingkungan masyarakat, dan mengarahkannya kepada kegiatan yang positif. Kami juga mengimbau kepada masyarakat, jika melihat tersangka lain yang masih nekat menyalahgunakan Narkoba untuk segera melaporkan kepada kami biar segera ditindak,"tutupnya.(cove)

Loading...