Heboh, Hujan Es 30 Menit di Karo dan Madina

Iklan Semua Halaman

Loading...

Heboh, Hujan Es 30 Menit di Karo dan Madina

11 July, 2019

PORTALBUANA.COM, Madina – Fenomena hujan es menimpa beberapa daerah akhir-akhir ini. Kali menimpa Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dan Karo, Sumatera Utara, Rabu (10/7) malam. Warga setempat heboh karena tiba-tiba saja butiran es jatuh dan mengenai atap rumah warga di dua daerah itu.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina, Surbakti, mengatakan di Madina ada dua kecamatan yang dilanda hujan es yakni Kecamatan Sorik Marapi dan Kecamatan Panyabungan Selatan.

“Hujan esnya terjadi sekitar 30 menit. Kejadiannya sekitar pukul 18.30 WIB. Malah butiran esnya sebesar jari jempol. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang kami terima,” ujarnya.

Liansah, warga Desa Kayu Laut, Kecamatan Panyabungan Selatan mengaku terkejut saat melihat butiran es jatuh dari langit. Dia terpaksa menghentikan mobilnya dan mencari tempat berteduh.

“Pas aku mau pulang dari pantai barat, tiba-tiba terjadi hujan es. Ngeri kali es nya, bahkan sebesar ibu jari malah lebih. Sampe takut kaca mobil ku pecah tadi, makanya cari tempat berteduh,” ungkapnya.

Terpisah, di Kabupaten Karo, hujan es itu terjadi di Desa Tiga Pancur sekitar pukul 19.00 wib. Butiran es mengenai atap rumah warga. Hujan es itu terjadi hanya sebentar, kemudian disusul hujan deras sehingga menyebabkan terjadinya banjir.

“Iya benar, terjadi hujan es di Desa Tiga Pancur. Sebentar saja. Untungnya tidak sampai merusak atap rumah warga tapi membuat jalanan licin,” kata Kabid Darurat Dan Logistik BPBD Kabupaten Karo Nata Nail.

Sebelumnya, pada Minggu (7/7), hujan es juga melanda Desa Lae Langge Namuseng, Kecamatan STTU Julu, Kabupaten Pakpak Bharat. Tercatat ada 60 rumah di desa tersebut yang mengalami kerusakan.

Banyak atap rumah warga yang bolong ditimpa butiran es sebesar bola golf. Selain itu, beberapa lahan pertanian mengalami kerusakan dengan kondisi tanaman roboh serta mati atau gagal mengalami perkembangan dan pertumbuhan. (ii)