Musyawarah Nagari Penyusunan Rencana Pembangunan Nagari Batu Kalang Kecamatan Padang Sago

Iklan Semua Halaman

Musyawarah Nagari Penyusunan Rencana Pembangunan Nagari Batu Kalang Kecamatan Padang Sago

31 July, 2019

PORTALBUANA.COM, (Padang Pariaman).--- Musyawarah Nagari Penyusunan Rencana Pembangunan Nagari Batu Kalang Kecamatan  Padang Sago Kab. Padang Pariaman Tahun Anggaran 2020, Selasa (30/7/2019). Berjalan  sukses aman dan lancar.

Wali Nagari Batu kalang, H. Jamarusti mengatakan, berdasarkan surat Bupati Padang Pariaman, Nomor 413/6031/DPMD/V-2019, tentang pedoman pelaksanaan perencanaan pembangunan nagari Tahun 2020, ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan secepatnya, oleh wali nagari dan Bamus.

Dijelaskan, salah satu tahapannya, Bamus harus melaksanakan rapat dengan masyarakat nagari bersama perangkat nagari untuk meminta usulan kegiatan dari masing-masing korong, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nagari. Hasil dari musyaawarah yang dilaksanakan Bamus menjadi masukan dalam penyusunan Rencana Kegiatan Pemerintah (RKP) Tahun 2020.

“Kita berharap masukan dan usulan yang disampaikan dalam musyawarah hari ini, hatus tepat sasaran yang betul-betul sangat dibutuhkan untuk kepentingan masyarakat, baik fisik dan begitu juga non fisik,”ujar Jamarusti

Lebih jauh dijelaskan, pada akhir  Desember 2019 telah dilakukan penetapan Anggaran Pendapatan  Belanja (APB) Nagari Tahun Anggaran 2020 sudah disahkan oleh Bamus. Diharapkan kegiatan  Tahun 2020 lebih cepat bisa dikerjakan tidak seperti tahun-tahun yang telah sudah. 

Ketua Bamus Nagari Batu Kalang, Drs. H. Amiruddin, MA menambahkan masyarakat diminta untuk merawat dan memelihara  setiap pembangunan  yang telah dibangun oleh pemerintah, baik pemerintah nagari, pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, semuanya dibiayai dengan dana masyarakat.    

“Kalau kita ingin pembangunan yang telah siap dikerjakan  bertahan lama, perlu ada pengawasan dari masyarakat dan untuk pengawasan itu tentu ditetapkan dalam  peraturan  nagari, salah satu contoh  seperti jalan  nagari tidak bisa dibiarkan dilewati oleh seluruh kendaraan, tentu ada jenis kendaraan yang boleh melewatinya,” ujar Amiruddin

Pada kesempatan Babin Kamtibmas Nagari Batu Kalang May Febrizon, menghimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap maling kendaraan  dan kejahatan lainnya yang sudah  mulai  meresahkan masyarakat di Kecamatan Padang Sago.

“Sebelum hujan sediakan payung, artinya sebelum maling datang waspada dan hati-hati, termasuk ternak perlu dijaga, jangan duluan pula maling menyemblihnya dari pada kita sebagai pemiliknya, apalagi hari Raya Qurban, sudah dekat,” tutur nya. (/zul/aa)       

Loading...