Pelaksanaan TMMD Di Buka Resmi oleh Plt.Bupati Labuhanbatu.

Iklan Semua Halaman

Loading...

Pelaksanaan TMMD Di Buka Resmi oleh Plt.Bupati Labuhanbatu.

12 July, 2019

PORTALBUANA.COM, LabuhanbatuPlt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe secara resmi telah membuka pelaksanaan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Ke-105 Kodim 0209/LB di Lapangan Bola Desa Cinta Makmur Kecamatan Panai Hulu, Kamis (11/7/2019) yang dihadiri Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf R. Wahyu Sugiarto, SIP, M.Han, Bupati Labura Khairuddin Sitorus, Unsur Forkopimda, Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih dan Sekdakab Labusel Zulkifli serta Perwira TNI dijajaran Korem 022/PT dan Kodim 0209/LB.

Dalam amanatnya Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe mengatakan, Kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Kodim 0209/LB, merupakan perwujudan tugas pokok TNI sebagaimana dimaksud Pasal 7 ayat (2) angka 9 undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional indonesia, yaitu membantu tugas pemerintahan daerah, membantu dalam hal ini tentunya berkenaan dengan peran TNI selaku bagian dari komponen negara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tugasnya.

Andi Suhaimi menegaskan, Kita harus senantiasa mengembangkan kerjasama dan pemikiran konstruktif terkait dengan pembinaan teritorial sudah menjadi fungsi utama dalam pelaksanaan tugas, terlebih kita pun menyadari bahwa kepentingan rakyat khususnya masyarakat yang tingkat kesejahteraan masih rendah lebih membutuhkan perhatian dan percepatan penanganan yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat kedepan.


Selaku Kepala Daerah saya menyadari benar bahwa pola kerjasama lintas sektoral dan koordinasi antar pemangku kebiajakan maupun pemangku kepentingan akan lebih efektif dalam mewujudkan tujuan pembangunan daerah, kolerasinya dengan upaya kita bersama dalam mengakselerasikan tercapainya tujuan pembangunan nasional, yaitu terwujudnya masyarakat adil, makmur dan sejahtera.

Dengan mengucapkan Bismillahirrahmannirrahin, TMMD Ke-105 Kodim 0209/LB Tahun 2019 pada hari ini Kamis Tanggal 11 Juli 2019 dengan Tema “Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” secara resmi saya buka, kata Andi Suhaimi Dalimunthe dengan gagahnya mengenakan pakaian TNI saat menjadi inspektur upacara.

Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso selaku Dan Satgas TMMD dalam laporannya menjelaskan, bahwa TMMD Ke-105 dilaksanakan dua tahap, tahap pertama pelaksanaan pra TMMD terhitung mulai tanggal 17 Juni s/d 9 Juli 2019, tahap kedua pelaksanaan TMMD mulai tanggal 10 Juli s/d 8 Agustus 2019.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu kegiatan fisik, antara lain, Pembukaan Badan Jalan dari Desa Cinta Makmur Kecamatan Panai Hulu menuju Desa Tanjung Haloban Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu yang meliputi pembukaan badan jalan sepanjang 1.725 M X 8 M, Penimbunan badan jalan sepanjang 1725 M X 5 M, Galian Parit kanan kiri badan jalan  sepanjang 2000 M, pembuatan jembatan coverbox sebanyak satu buah dengan ukuran 2 M X 2 M X 7 M dan pembuatan jembatan dwiker sebanyak 2 buah dengan ukuran 1 M X 1 M X 7 M.

Kemudian pembuatan tugu TMMD Ke-105  sebanyak 1 unit, perehapan RTH sebanyak 5 unit, pembuatan Pos Kamling sebanyak 1 unit, perehapan MCK Musholla sebanyak 1 unit. Selanjutnya kegiatan Non Fisik yaitu Penyuluhan bela negara, Penyuluhan wawasan kebangsaan, Penyuluhan sosialisasi pelayanan kesehatan, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Pendidikan, Penyuluhan Hukum dan Kantibmas, Penyuluhan Narkoba, Penyuluhan Keagamaan, Penyuluhan KB-KES, Penyuluhan Perikanan dan Peternakan, Penyuluhan Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Penyuluhan kegiatan PKK, Penyuluhan kegiatan pelayanan publik dan kependudukan, Penyuluhan teroris dan radikalisme serta Penyuluhan meditasi bencana kepada masyarakat, jelas Dandim 0209/LB.

Acara pembukaan yang turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu, Ketua Tim PKK Kabupaten, Ketua Persit KCK Kodim 0209/LB, Pengurus Bhayangkari, para Kepala OPD Camat dan Kepala Desa serta Tokoh Masyarakat dan Alim Ulama tersebut diwarnai dengan penyerahan peralatan dan penyerahan bantuan secara simbolis berupa Al Qur’an sebanyak 104 buah, Mesin pentetas telur sebanyak 4 unit dan alat kerja dari PMD Provinsi Sumatera Utara yang diakhiri dengan peninjauan lapangan.