PESSEL-Bakal Operasikan PDAM WTP yang Mampu Aliri 500 Ratusan Rumah

Iklan Semua Halaman

PESSEL-Bakal Operasikan PDAM WTP yang Mampu Aliri 500 Ratusan Rumah

30 July, 2019

PORTALBUANA.COM - PESISIR SELATAN. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan mengoperasikan Instalasi Pengolah Air yang baru saja dibangun di Nagari Sungai Nyalo Mudiek Aie kawasan wisata Mandeh.

Direktur PDAM Tirta Langkisau Pesisir Selatan, Gusdan Yuwelmi menyebutkan, instalasi pengolah air atau water treatment plant (WTP) dengan kapasitas 20 liter per detik.

Setidaknya, mampu menyambung saluran di 500 rumah kepala keluarga (KK) dan juga dibangun untuk memenuhi kebutuhan pasokan air bersih di kawasan wisata Mandeh.

"Keberadaan WTP salah satunya juga mendukung pengembangan kawasan wisata Mandeh. Dimana sudah menggunakan sistem gravitasi dengan produksi 20 liter/detik,"sebutnya kepada Portalbuana.com

Gusdan Yuwelmi mengatakan, pengoperasian WTP tersebut segera dilakukan pasca diserahkan oleh Satker Kementerian PUPR. Salah satunya untuk meratakan pemenuhan sumber air bersih pada masyarakat setempat.

"Ditambah untuk menunjang pemenuhan air bersih pada pengembangan kawasan wisata bahari terpadu (KWBT) Mandeh seperti contoh ketika ada investasi untuk membangun resort, kerena kita akan salurkan kebutuhannya nanti," ungkapnya.

Ia menjelaskan, instalasi pengolah air atau water treatment plant (WTP) dibangun melalui atensi pemerintah pusat. Sedikitnya dengan anggaran hingga Rp20 miliar lebih kurang.

"Bendungan intake dan pipa transmisi pada tahun 2017, dibangun oleh BWS V dengan dana Rp. 9,094,905,000. Kemudian bangunan IPA kapasitas 20 perdetik, dan reservoir 300 m3 pada tahun 2018 oleh PS PAM pusat dengan dana Rp.10,560,647,000," tutupnya. (hd)
Loading...