Royal Thai Navy Kunjungi Mabes Bakamla RI (IDNCG HQ)

Iklan Semua Halaman

Royal Thai Navy Kunjungi Mabes Bakamla RI (IDNCG HQ)

25 July, 2019

PORTALBUANA.COM, Jakarta, 25 Juli 2019 (Humas Bakamla RI/ Indonesian Coast Guard)---Ingin tahu lebih dalam mengenai Indonesian Coast Guard, Director of Naval Strategic Studies Center Rear Admiral (RADM) Thamrong Tiammek dari Naval Education Department, Royal Thai Navy, melakukan kunjungan kehormatan kepada Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A. Taufiq R, di Markas Besar Badan Keamanan Laut RI (Indonesian Coast Guard Headquarters/IDNCG HQ) di Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi, No.56, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/19).

Mengawali pertemuan itu, RADM Thamrong Tiammek mengatakan bahwa tujuan kunjungan tersebut adalah adanya keingintahuan untuk dapat lebih mengenal struktur, tugas, fungsi, visi dan misi dari institusi Coast Guard Indonesia ini. 

Menanggapi hal itu, Laksdya Bakamla Taufiq mengucapkan rasa hormatnya atas kedatangan delegasi dari negeri Gajah Putih tersebut, dan menjelaskan gambaran tentang Bakamla RI/IDNCG. Penjelasan itu dilanjutkan dengan paparan Deputi Operasi dan Latihan Laksda Bakamla T.N.S.B. Hutabarat mengenai Bakamla RI dan rencana lima tahun ke depan yang akan diwujudkan. 


Dikatakannya, Bakamla RI merupakan lembaga terdepan dalam menjaga keamanan dan keselamatan di perairan Indonesia dan yurisdiksi Indonesia di masa damai. Lebih lanjut ditegaskannya, bahwa Bakamla RI tidak bertindak sendiri, namun berkerja sama dengan stakeholder lain yang juga memilki kewenangan dalam menjaga keamanan dan keselamatan di perairan dan yurisdiksi Indonesia.

Selanjutnya Laksamana bintang dua yang akrab dipanggil Cokky Hutabarat itu juga memberikan gambaran tentang hubungan Bakamla RI/IDNCG dengan instansi terkait,
“Kita analogikan Bakamla RI/IDNCG sebagai telapak tangan, dan para stakeholder Bakamla RI adalah jari-jarinya, maka Jari-jari itu mungkin bisa menunjuk kemana saja, namun untuk menggenggam apa yang kita inginkan, semua jari-jari itu sudah terkoordinasi dengan telapak tangan.”, jelasnya.

Dalam kunjungan itu, delegasi Royal Thai Navy juga berkesempatan untuk mengunjungi Kantor Pengelolaan Informasi Marabahaya Laut (KPIML) Bakamla, dan ketertarikan mereka terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan, yang direspon dengan baik oleh Laksda Cokky bersama Kasie Pemantauan Data dan Jaringan Satelit Letkol Bakamla Tuti Ida Halida, S.T., M.I.T.M.

Turut mendampingi Kepala Bakamla RI yaitu Deputi Operasi dan Latihan Laksda Bakamla T.N.S.B. Hutabarat, Plt. Deputi Informasi, Hukum dan Kerja Sama Laksma Bakamla Dade Ruskandar, S.H., M.H., dan Plh Direktur Kerja Sama Kolonel Bakamla Salim, S.E. Sementara itu RADM Thamrong Tiammek didampingi oleh Director of Warfare Simulation Division Captain Kittipong Jansomboon dan Strategy Analyst dari Strategic Studies Division Commander (CDR) Komol Kongboonrak. Selain itu turut pula anggota dari Kedutaan Thailand di Jakarta yaitu Captain (CAPT Navy) Rachada Seungthaworn, Naval Attache, dan Chief Petty Officer 1 (CPO.1) Sumonchai Bumpenyu, Technical and Administrative Staff, Office of the Naval Attache.

Autentikasi :
Kasubbag Humas Bakamla RI, Letkol Bakamla Mardiono
Loading...