Dinas Pemdes Dan Inspektorat Sungai Penuh Laksanakan Pelatihan Aparatur Desa

Iklan Semua Halaman

Dinas Pemdes Dan Inspektorat Sungai Penuh Laksanakan Pelatihan Aparatur Desa

01 August, 2019

PORTALBUANA.COM - SUNGAI PENUH. Pemberdayaan masyarakat dan Desa beserta Inspektorat Kota Sungai Penuh pada rabu tanggal 31 Juli 2019 bekerjasama dengan Kepala Desa Koto Tinggi Darsono bertempat di aula kantor desa Koto Tinggi melaksanakan pelatihan bagi Kepala desa dan perangkatnya.

Kegiatan yang berlangsung satu hari ini menghadirkan nara sumber dari Dinas PEMDES dan Inspektorat Kota Sungai Penuh.

Sebagai pemateri ZAINI AKHMAD dari PEMDES Kota Sungai Penuh mengatakan Aparatur pemerintah desa merupakan aparat pemerintah tingkat paling dasar yang mempunyai tugas untuk melayani masyarakat.

Keberhasilan kinerja  aparat desa akan berdampak pada keberhasilan program Pemerintah desa, Pemerintah daerah dan bahkan Pemerintah pusat.
Karena itu aparatur desa perlu memiliki kapasitas yang memadai sehingga mampu mengayomi masyarakat desa kearah yang lebih baik.

Dalam penyampaian materinya Zaini 
memaparkan tentang peranan dan fungsi perangkat desa, BPD dan Kelembagaan tingkat desa sampai dengan penyusunan RANPERDES.
Ia Zaini menjelaskan secara mendetail tentang Tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) masing-masing.

Selanjutnya Zaini Akhmad menegaskan bahwa ADD dan Dana Desa yang diterima cukup besar, jadi perlu dimanfaatkan secara baik untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa, ia berharap agar setiap perangkat desa dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, bisa menata masyarakat dan membangun desa sesuai dengan pembangunan yang direncanakan oleh Pemerintah pusat.

Sementara itu Bapak Kunan dari Inspektorat Wilayah Kota Sungai Penuh dalam paparannya menyampaikan tekhnis penggunaan Anggaran  Dana Desa dan DD serta pertanggung jawabannya secara garis besarnya. (m.syafruddin.)
Loading...