Plt.Bupati Labuhanbatu Serahkan BAZNAS Di Kecamatan Rantau Selatan.

Iklan Semua Halaman

Plt.Bupati Labuhanbatu Serahkan BAZNAS Di Kecamatan Rantau Selatan.

15 August, 2019

PORTALBUANA.COM, LabuhanbatuPlt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe,  serahkan bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada fakir miskin di Kacamatan Rantau Selatan, yang berlangsung di halaman Mesjid Raya Al-Ikhlas Ujung Bandar Rantauprapat, Kamis (15/8/2019) dalam acara Yasin Akbar se-Kecamatan Rantau Selatan.

Andi Suhaimi mengatakan, semoga bantuan yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menerima. Kami dari Pemkab akan terus berupaya meningkatkan zakat/infaq yang ada di Baznas demi kesejahteraan masyarakat Labuhanbatu yang kurang mampu.

"Baznas ini lambangnya adalah garuda, manandakan bahwa Baznas merupakan suatu badan yang diakui Negara, kita yang  hidup dan mampu memang harus berzakat, uang sebesar 3 Milyar ini merupakan zakat dari para ASN yang setiap bulannya di potong 2,5% dari gaji," ujar Plt Bupati Labuhanbatu. 

Ketua Baznas Labuhanbatu H. Erwin Siregar SH menjelaskan, Baznas Labuhanbatu akan menyalurkan 21 jenis kegiatan bantuan yakni di bidang ekonomi, pendidikan, kepedulian, kesehatan. Berdasarkan data dari Camat Rantau Selatan serta hasil survei dilapangan, zakat yang diberikan hari ini ada beberapa jenis bantuan berupa bantuan konsumtif dan produktif.

Adapun para penerima zakat tersebut yakni, keluarga miskin sebanyak 395 KK masing-masing menerima Rp. 250.000,- fakir sebanyak 36 KK masing-masing Rp. 300.000,-  bilal mayit 5 orang masing-masing Rp. 200.000,-. Kemudian siswa tingkat SD menerima 40 paket sekolah masing-masing Rp.200.000, SMP 15 paket sekolah masing-masing menerima Rp.250.00,- dan Tingkat SLTA sebanyak 15 orang masing-masing menerima Rp. 300.000,-.

Selanjutnya, bantuan modal usaha anatara lain usaha goreng pisang, sarapan pagi,  kedai sampah dan becak motor sebanyak 5 orang, masing-masing menerima bantuan sekitar Rp.1.00.000,- s/d Rp.1.500.000,- , bantuan rehab mesjid 2 unit masing-masing Rp.3.000.000,- dan total seluruh bantuan sebesar Rp.138.800.000,-.

Camat Rantau Selatan  H. Marsono S.Sos menyampaikan, kegiatan ini adalah bentuk berbagi rasa diantara kami masyarakat di Kecamatan Rantau Selatan, penyaluran zakat ini merupakan niat ikhlas dari Plt Bupati Labuhanbatu, semoga dengan adanya pemberian zakat tersebut dapat memberikan kehidupan yang lebih baik lagi.

Sementara itu ketua BKM mesjid Raya Al-Ikhlas Khoirul Dalimunthe mengucapkan terimakasih kepada Plt Bupati Labuhanbatu yang telah memberikan dana rehab pemeliharaan sebesar Rp.300.000.000,-. Saat ini Plt Bupati telah menurunkan tim khusus guna merancang mesjid ini agar lebih baik, indah dan aman. 

"Pak Andi menginginkan mesjid Raya Al-Ikhlas ini menjadi pusat keagamaan sekaligus juga pusat dakwah, dan diharapkan nantinya akan menjadi ikon Kabupaten Labuhanbatu, saat ini kami juga telah membuat program sholat tasbih berjama'ah seminggu sekali, kami akan terus berupaya untuk mewujudkan keinginan tersebut," kata Khoirul. 

Acara penyerahan atau penyaluran bantuan dari Baznas Kabupaten Labuhanbatu yang dihadiri Asisten Adm Umum Setdakab, Sejumlah Kepala OPD, Ketua MUI Labuhanbatu dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu beserta Pengurusnya itu dihiasi dengan mendengarkan tausyiah agama yang disampaikan oleh Al Ustadz H. Ahmad Azhar Siregar, S.Pd.I.[sh]
Loading...