Polres Serang Kota Terima Kunjungan Tim Puslitbang Mabes Polri

Iklan Semua Halaman

Polres Serang Kota Terima Kunjungan Tim Puslitbang Mabes Polri

05 August, 2019

PORTALBUANA.COM - SERANG. Kepolisian Resor Serang Kota Polda Banten menerima kunjungan Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Mabes Polri, Senin (5/08/19). Kedatangan Tim Puslitbang Mabes Polri ini disambut langsung oleh Kapolres Serang kota AKBP Firman Affandi, S.I.K., dan pejabat utama polres Serang Kota Polda Banten di ruang kerja Kapolres Serang Kota.

Tim Puslitbang Polri melaksanakan kegiatan penelitian dan supervisi tentang Tingkat Kepercayaan Masyarakat di wilayah Polda Banten dan jajaran pd tgl 5 sd 9 Agustus 2019.

Kegiatan penelitian dipimpin oleh KBP Guntur Setyanto,M.Si (selaku petugas supervisi) Dan AKBP. Syahrial, M.Said, SIK (selaku Ketua Tim Penelitian) dengan anggota Drs. Ary Wahyono, M.Si (Konsultan dari LIPI), Pembina Dwi Irawati, S.S dan Penata Budi Prayitno A.Md

Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat dari 5 fungsi layanan kepolisian yaitu: fungsi lalu lintas, reserse, intel, Binmas dan sabhara.
Dalam penelitian ada 5 indikator pengungkit layanan yang dilihat yaitu : Bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan kesesuaian (conformance). 

Adapun sasaran dari penelitian ini adalah masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Serang kota dengan sampel penelitian yaitu: 

1.Masyarakat di Lingkungan Rutan Serang.

2.Pegawai di Lingkungan Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota serang.

3.Pelajar dan Guru SMAN 6 kota Serang
Adapun pelaksanaan penelitian  dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner yang dilakukan oleh Tim kepada masyarakat.

Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada masyarakat pada umumnya. Selain respoden masyarakat kegiatan penelitian juga melaksanakan FGD dengan Kapolres atau yang mewakili, para kabag dan kasat.

Sementara itu di tempat yang sama Kapolres Serang Kota AKBP Firman Affandi, S.I.K., mengatakan adapun maksud tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana tentang penilaian masyarakat serta kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri khususnya di lima fungsi Kepolisian seperti Lalu lintas, Reserse, Intel, Binmas, dan Sabhara di wilayah Serang Kota.( bidhum)