Masyarakat Desa Pasar Baru Kembali Gelar Aksi Dikantor Kejari Sungai Penuh

Iklan Semua Halaman

Masyarakat Desa Pasar Baru Kembali Gelar Aksi Dikantor Kejari Sungai Penuh

02 September, 2019

PORTALBUANA.COM - SUNGAI PENUH. Kejari Sungai Penuh hari ini (2/9/19) kembali didatangi para demonstran dari Masyarakat Desa Pasar Baru, terkait laporan yang dilayangkan LSM Petisi Sakti beberapa Minggu lalu terkait dugaan penyimpangan dana kebakaran Desa Pasar Baru tahun 2018 silam yang diduga dikelola oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sungai Penuh yang syarat dengan penyimpangan. 

Unjuk rasa jilid II ini dilaksanakan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Pergerakan Aktivis Sejati (LSM Petisi) Sakti dihalaman kantor Kejaksaan Negeri Sungai Penuh secara damai dan harmonis, didalam orasinya para demonstran meminta beberapa tuntutan hukum terhadap pelaku penyimpangan dana dan mengembalikan dana tersebut kepada korban. 

Sesi foto bersama Kasi Intel Kejaksaan Negeri Sungai Penuh Sudarmanto SH, seusai BAP korban dan saksi.

"Kita meminta kepada aparat penegak hukum khususnya kejaksaan negeri sungai penuh agar segera menuntaskan persoalan yang dialami korban, dan menangkap pelaku penyimpangan dana tersebut," ujar Dedi, orator Petisi. 

Masyarakat yang tergabung dalam orasi tersebut juga menyebutkan bahwa ada kejanggalan didalam pengalokasian dana bantuan, selain salah sasaran ada juga yang tidak mendapatkan sama sekali.

"Kita minta kepada penegak hukum untuk mengusut tuntas hingga ke akar-akarnya dalam kasus ini," ujar Tomi dari Masyarakat Desa Pasar Baru.

Hal senada juga dikatakan ketua Umum LSM Petisi Sakti ketika diminta keterangan kepada media ini dilokasi Unjuk rasa, dia mengatakan dibalik dugaan penyalahgunaan wewenang ini ada aktor intelektualnya, untuk itu para penegak hukum juga harus profesional dalam melakukan tindakan.

"Kita menduga bahwa dibalik semua ini, ada aktor intelektualnya, dan aparat penegak hukum harus profesional agar hukum bisa ditegakkan, karena ini menyangkut kepentingan masyarakat banyak," ujar Indra ketua Umum LSM Petisi.

Ditempat sama, Kejaksaan Negeri Sungai Penuh melalui kasi Intel Sudarmanto SH kepada media ini dikatakannya, kasus ini akan ditindak lanjuti sesuai dengan ketentuan, dan akan diusahakan bisa diselesaikan secara hukum dan mekanisme tertentu.

Ketua LSM Petisi dan orator Unjuk rasa Dediklene foto bersama usai sesi BAP korban.

"Terima kasih kita ucapkan kepada bapak-bapak dan ibu-ibu yang tergabung didalam unjuk rasa damai ini, dan kita lihat begitu tertib dan teratur," ujar dia.

"Laporan dari masyarakat melalui LSM Petisi terkait dana kebakaran, hari ini kita lakukan sesi wawancara (BAP) dengan korban, untuk ditindaklanjuti nantinya," tutup Kejari.