mgid.com, 375711, DIRECT, d4c29acad76ce94f Kepsek SDN 96 /III,Bunga Tanjung Kab Kerinci Diduga Gelapkan Dana BOS

Iklan Semua Halaman

SEGENAP REDAKSI PORTAL BUANA DAN BIRO PERWAKILAN MENGUCAPKAN SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN KERINCI YANG KE 61 TAHUN. KOTA SUNGAI PENUH YANG KE 11 TAHUN,

Kepsek SDN 96 /III,Bunga Tanjung Kab Kerinci Diduga Gelapkan Dana BOS

30 October, 2019


PORTALBUANA.COM - KERINCI. Kepala sekolah selaku pejabat pengelola keuangan daerah(PPKD) diduga telah melanggar ketentuaan peraturan menteri pendidikan  Nasional No.51 Tahun 2011.

Hal ini terkait laporan pertanggung jawaban  keuangan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) pada Format Bos K7 yang ditandatangani oleh kepala sekolah SD N/III , UDAYAKIR.S.Pd

Beserta bendahara Bos dan komite sekolah yang disusun berdasarkan buku kas umum (Format Bos K3), realisasi penggunaan dana tiap jenis anggaran diduga tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya alias "Mar up". 

Komite sekolah dan bendahara Bos diduga tidak dilibatkan langsung atau berperan aktif sebagai mana mestinya dalam penggunaan dan kuat dugaan tanda tangan komite sekolah yang terindikasi di palsukan. 

Bendahara Bos juga menduga, mereka hanya menandatangai laporan saja tanpa tahu perincian serta penggunaan dana bos di maksud.

Hal itu disampaikan aktivis Pemerhati Pendidikan Nazar Efendi Lsm Cakrawala,  komite sekolah SD 996/III Bunga Tanjung,tidak diaktifkan dalam menyusun dan menanda tangani Format Bos K1, Bos K2, dan Format Bos K7. Sedangkan untuk format Bos K7, pada triwulan I dan triwulan III sama, sehingga diduga terindikasi manipulasi data.

"Praktik penyalahgunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) secara besar-besaran telah terjadi di beberapa Sekolah yang membelanjakan dana BOS tidak sesuai peruntukannya. Kasus ini sering terjadi berulang- ulang," terang jon

"Dengan adanya indikasi penyalahgunaan wewenang yang  merugikan Negara tersebut, Kita minta agar Kejari memeriksa penggunaan dana Bos di SD Negeri 96/III Bunga Tanjung kecamatan Sitinjau laut tahun 2018,2019-  jelas Nazar,  aktivis Pemerhati Pendidikan.Nazar

Sementara kepsek adayakir ketika di konfirmasi LSM FORJAM,Nazardin bersama Zainal A. terkait masalah Bos mengatakan pada wartawan,,bahwa kami red udayakir,numbok  BOS triwulan  Dua ,9 juta 600  karena di beli buku pelajaran, triwulan,3  (7.juta 800) kami ,gunakan kegiatan Lomba Pramuka, LSM Cakrawala dan Forjam,  Nazar, beranggapan kuat Mark Up dana Bos red.

Terpisah kata nazar info sumber terpercaya dari masyarakat setempat, bahwa udayakir selaku kepala sekolah SD.Negeri 96 / III Bunga Tanjung sudah mengangkat isteri Muda menjadi tenaga Honorer di SDN tersebut.

Sesuai dengan pp Nomor,Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005 pasal 8 jo. Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2007, dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 814.1/169/SJ tanggal 10 Januari 2013, 

Perihal penegasan larangan pengangkatan tenaga honorer bagi Gubernur dan Bupati/Walikota se Indonesia, serta ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, pada BAB XIII tentang Larangan pada pasal 96:
(Tim)
Loading...