Polres Serang Bentuk Pola Pengamanan Untuk Menghadapi Pilkades

Iklan Semua Halaman

Wartawan PORTALBUANA Hanya Yang Tercantum Dalam Box Redaksi dan Dibekali Kartu Pers & Surat Tugas,

Polres Serang Bentuk Pola Pengamanan Untuk Menghadapi Pilkades

24 October, 2019

PORTALBUANA.COM - SERANG. Polres Serang Kota Polda Banten sudah membentuk pola pengamanan untuk menghadapi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Serang yang akan diselenggarakan pada 03 November 2019.

Pola pengamanan tersebut dibuat untuk mengantisipasi terjadinya konflik saat berlangsungnya atau sesudahnya kontes pemilihan umum Kepala Desa (Kades).

Polapun dibagi menjadi tiga, aman, rawan satu dan rawan dua, aman menggunakan pola 1 8 2 yaitu satu TPS delapan polisi dua linmas, rawan satu 1 10 2, dan rawan dua 1 12 2

"Kami sudah buat pola pengamanan untuk menghadapi Pilkades 2019 ini. Saat masa kampanye, masa tenang dan penjoblosan kami siapkan personil dilokasi. Saat masa tenang kita kawal juga penyopotan alat peraga kampanye (APK)," Kata Kapolres Serang Kota AKBP Edhi Cahyono saat ditemui di Mapolres Serang Kota, Kamis 24 Oktober 2019.

"Kami juga menurunkan anggota kepolisian dimasing-masing wilayah sebelum Pilkades berlangsung, agar anggota mengetahui betul karakteristik calon Kepala Desa, masyarakat dan daerahnya. Semua itu bertujuan agar pelaksanaan Pilkades berjalan aman dan lancar tanpa ada hambatan," imbuhnya.

Selain itu, Polres Serang Kota sudah menyiapkan tim satuan tugas (Satgas) Money Politik dan satgas Penegakan Hukum (Gakkum) untuk menghadapi Pilkades ini.

"Sudah kita siapkan Satgas Money Politik dan Gakkum, tugasnya untuk memberantas Money Politik dan pelanggaran pidana yang berkaitan pelaksanaan Pilkades. Kita turunkan anggota dari H-1 hingga H+1," jelasnya.

Edhi juga memberikan himbauan untuk masyarakat dan Calon Kades agar nantinya menerima hasil keputusan dengan pemilu dengan lapang dada.

"Calon Kades harus siap menerima apapun hasilnya, mau menang atau kalah, jangan malah membuat kegaduhan atau konflik, serta saling menghormati satu sama lain," paparnya.

"Masyarakat jangan mendukung Calon Kades yang berbau Money Politik, yang paling terpenting jangan ada perjudian," tukasnya.

Perlu diketahui, Polres Serang Kota menerjunkan 450 personilnya untuk mengamankan 46 kelurahan di tujuh kecamatan yang berada di wilayah hukum Polres Serang Kota untuk mengikuti kontes Pemilihan Kelapa Desa (Pilkades) periode 2019-2025.
Loading...