Dalam meningkatkan Tugas Pokok Polri, Polres Serang Gelar Pelatihan SDM Unggul

Iklan Semua Halaman

Wartawan PORTALBUANA Hanya Yang Tercantum Dalam Box Redaksi dan Dibekali Kartu Pers & Surat Tugas,

Dalam meningkatkan Tugas Pokok Polri, Polres Serang Gelar Pelatihan SDM Unggul

28 November, 2019

PORTALBUANA.COM - SERANG. Dalam rangka melaksanakan program prioritas Kapolri Nomor 1, Polres Serang melaksanakan kegiatan pelatihan SDM unggul, di aula Mapolres Serang, Kamis (28/11/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Waka Polres Serang, Kabag Sumda Polres Serang, Kasat Narkoba Polres Serang, Kasat Lantas Polres Serang, Kasat Sabhara Polres Serang, Kasat Binmas Polres Serang, Kasat Tahti Polres Serang, Kaur Mintu Sat Intelkam Polres Serang, Kasi Propam Polres Serang, KSPKT Polres Serang dan Personil Polres Serang.

Dalam sambutannya, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, S.IK., MH diwakili Wakapolres Serang Kompol Agung Cahyono, S.IK, menyampaikan kegiatan pelatihan ini adalah program pemerintah dan di jabarkan oleh Program prioritas Kapolri mewujudkan SDM yang unggul.

Agung menjelaskan, SDM yang unggul ini mengacu kepada UU nomer 2 tahun 2002 dalam pelaksanaan tugas polri sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat.

Menurutnya, Selain hanya teori kita juga harus mengaplikasikan kepada tugas kita sebagai anggota Polri Sehari-hari dalam melaksanakan tugas sebagai pelayan masyarakat.

"Di dalam memberikan pelayanan ini kita harus bisa mengontrol diri  seperti halnya kita sedang ada masalah kita harus bisa membuat diri kita tenang," jelasnya.

Ia menambahkan, tanpa adanya latihan kemampuan kita atau insting kita sebagai anggota Polri akan Berkurang, maka dari itu perlu kita latihkan.

"Saya berharap dengan adanya pelatihan ini SDM di Polres Serang lebih unggul," pungkasnya.

Sementara itu, dalam penyampaiannya Kasat Binmas Polres Serang Iptu Ahmadi mengatakan, Komunikasi Efektif ini penting dalam pelaksanaan tugas kita sehari-hari dimana komunikasi itu kita harus bersedia 5S (Senyum,sapa, salam, sopan, santun).

Sementara, lanjut Iptu Ahmadi, komunikasi adalah suatu proses penyampaian pikiran dan perasaan melalu bahasa, baik verbal maupun non verbal, mendengar, gerak tubuh,

Sedangkan untuk tujuan Komunikasi yakni, berhubungan dengan orang lain, mempelajari (mengajarkan sesuatu), mempengaruhi motivasi, mengungkapkan perasaan, menjelaskan perilaku sendiri (orang lain), menyelesaikan sebuah masalah ketegangan atau konflik, mencapai sebuah tujuan.

"Ada lima 5 Komponen Penting dalam Komunikasi, pengirim pesan, pesan yang dikirim, bagaimana pesan tersebut dikirimkan, penerima pesan dan umpan balik. Sementara, 4 Ketrampilan dasar komunikasi yakni mendengar, membaca, menulis dan berbicara," papar Iptu Ahmadi.

"Dan untuk faktor-faktor penunjang Kompilasinya, pesan Harus dirancang dan disampaikan sehingga menarik perhatian dan pesan harus membangkitkan kebutuhkan pribadi," jelasnya mengakhiri pemaparannya.

Ditempat yang sama, Kasat Lantas Polres Serang AKP Dodin Awaludin menjelaskan, untuk mewujudkan SDM yang unggul dan pelayanan prima terdapat dasar, seperti UU nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian negara republik Indonesia, UU nomer 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan dan Peraturan Mentri perdayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomer 15 tahun 2014 tentang peraturan standar pelayanan.

"Pelayanan Publik adalah kegiatan yang dilakukan seseorang/sekelompok orang dengan landasan faktor material melalui sistem, prosedur dan metode tertentu dalam melaksanakan pelayanan publik," jelas AKP Dodin.

Sedangkan, lanjut AKP Dodin, pelayanan prima merupakan pelayanan sebaik mungkin kepada para pelanggan, sehingga pelanggan merasa puas.

"Pelayanan prima yaitu memberikan pelayanan sehingga bisa memenuhi dan memuaskan para pelanggan sehingga intansi atau lembaga mendapat keuntungan maksimal," tutupnya.

Senada dengan itu, Kasat Narkoba Polres Serang AKP Trisno Tahan Uji menyampaikan, dalam melaksanakan pelayanan prima itu harus mengedepankan berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan.

Menurutnya, ada 3 Hal yang diperlukan dalam berkomunikasi, Attitude, Knowledge dan Skill. Dan dari 3 hal yang di perlukan dalam berkomunikasi attitude adalah hal yang paling penting yang harus dikuasi untuk berkomunikasi.

"Intinya, prinsip pelayanan prima Kepolisian jangan mengkritik, berikan penghargaan yang jujur dan tulus, memberikan apa yang diinginkan," jelas AKP Trisno Tahan Uji dalam penyampaiannya.
Loading...