HUT Kota Sungai Penuh, Pemkot Gelar Festival Kenduri Sko Dan Pekan Harmoni

Iklan Semua Halaman

SEGENAP REDAKSI PORTAL BUANA DAN BIRO PERWAKILAN MENGUCAPKAN SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN KERINCI YANG KE 61 TAHUN. KOTA SUNGAI PENUH YANG KE 11 TAHUN,

HUT Kota Sungai Penuh, Pemkot Gelar Festival Kenduri Sko Dan Pekan Harmoni

08 November, 2019


PORTALBUANA.COM - SUNGAI PENUH. Dalam rangka mrnyambut hari ulang tahun kota sungai penuh ke 11 tahun jum'at 08/11/2019, pemerintahan kota sungai penuh menggelar Festival Kenduri Sko dan pekan harmoni. Dalam acara tersebut dihadiri kementrian pariwisata DR Adi Nugraha MA. Mewakili kapolda jambi kombes pol herman ismail. Walikota sungai penuh wakil walikota Kapolres kerinci. Dandim 0417/ kerinci SKPD juga ninik mamak depati beserta tokoh adat dan tokoh masyarakat

Dalam sambutan walikota sungai penuh menyampaikan.festival kenduri sko ini merupakan pesta akbar yang dilaksanakan setiap tahunnya. Sudah rsmi masuk dalam 100 besar celender of event ( COE) kementrian pariwisata RI. Selain festival kenduri sko juga ada pekan harmoni budaya expo kota sungai penuh. Menyangkut dengan keunggulan kota sungai penuh sebagai kota perdagangan dan jasa. 

Kita berharap jasa dan perdagangan tumbuh berkembang pada seluruh lapisan masyarakat. Ini akan terus kita dorong dari kota yang terbuka dengan segala kegiatan yang terkait dengan entervrinius yang harus dikembangkan oleh masyarakat kita. 

Kegiatan seperti ini yang dahulunya hanya berkisar dikota sungai penuh. Sekatang sudah berkembang ke pinggiran kota yang telah menjadi kemasukan pendapatan masyarakat kita. Indek pembangunan manusia dikota sungai penuh rangking ke 2 seluruh kabupaten kota diprovinsi jambi. Kota sungai penub tingkat kemiskinan yang paling rendah 2,26% dibandingkan dengan kota dan kabupaten lainnya masih diatas 8%. 

Mari kita sama sama mendukung kegiatan ini bahwa kegiatan budaya juga melahirkan ekonomi kreatif dan terkait dengan pendapatan masyarakat. Ungkap walikota sungai penuh.

Lebih lanjut walikota menambahkan" kegiatan ini juga ditambah dengan tour de singkarak. Sebuah kegiatan event internasional. Kita berterima kasih kepada pemerintah sumbar yang memberikan kota sungai penuh Etape 8 dalam tour de singkarak. Kegiatan TdS ini sangat menguntungkan kerinci dan kota sungai penuh. Yang akan membawa berita dengan kekayaan budaya dan wisata sebagai destinasi wisata untuk dipernalkan kemanca negara nantinya. Pungkas walikota sungai penuh.

Dalam sambutan kementrian pariwisata Dr Adi Nugraha MA, mengungkapkan. Ada satu hal yang harus diperhatikan bagaimana pariwisata ini jadi kearifan lokal dan tradisi dan budaya. Untuk melawan budaya global yang mengiling semua kekayaan tradisi

Dari tradisi terdapat kearifan lokal yang mnyembangkan sangat harmoni yang telah berlangsung ribuan tahun regenerasi mengakumulasikan kearifan yang terjadi. Seperti yang sedang dilaksanakan sekarang festival kenduri sko yang harus dipertahankan. Saya berikan apresiasi dalam pelaksanaan festval kenduri sko ini. Pungkas kementrian pariwisata mengakhiri sambutan.

Usai memberikan sambutan dari kementrian pariwisata dan membuka secara resmi festival kenduri sko acara dilanjutkan dengan menampilkam Atraksi bernuansa mistik pencucian barang - barang pusaka adat ,  tarian massal tradisional iyo-iyo dan tari asyek yang dipertontonkan ratusan kaum hawa, begitu memukau.

Acara pembukaan festival kenduri sko dan pekan harmoni berjalan lancar dan sukses terlihat Warga yang memadati lapangan merdeka Kota Sungai Penuh ikut larut dalam kemeriahan suasana. ( fc)
Loading...