Penuh Khidmat dan Nuansa Religius, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Polres Serang Bersama Anak Yatim

Iklan Semua Halaman

Wartawan PORTALBUANA Hanya Yang Tercantum Dalam Box Redaksi dan Dibekali Kartu Pers & Surat Tugas,

Penuh Khidmat dan Nuansa Religius, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Polres Serang Bersama Anak Yatim

21 November, 2019

PORTALBUANA.COM - SERANG. Jajaran Kepolisian Resor  (Polres) Serang melaksanakan kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, bertempat di aula Mapolres Serang, Kamis (21/11/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Serang, Kabag Ops Polres Serang, PJU Polres Serang, Kapolsek jajaran Polres Serang, KH. Aan Buharnudin (Ketua MUI  Cikande), personel Polres Serang, personel Polsek jajaran Polres Serang, para Ibu Bhayangakari Cabang Serang dan para anak yatim dari Yayasan Yasin Kreasi Bangun Semesta (YKBS).

Nampak kegiatan di awali dengan pembacaan ayat suci Al-Qu'ran oleh Bripka Harisin, yang kemudian kegiatan di lanjutkan dengan ceramah oleh KH. Aan Buharnudin.

KH. Aan Buharnudin, mengucapkan, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayahnya kita dapat berkumpul dalam acara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, yang bertemakan dengan meneladani akhlak dan kepemimpinan Nabi Besar Muhammad SAW, kita wujudkan Polri yang Promoter, Berprestasi dan Inovatif.

"Mari kita do'akan, bapak Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, yang sedang melaksanakan ibadah Umroh. Semoga mabrur, dan menjalani ibadah Umroh  dengan lancar dan kembali dengan selamat, Aamiin Allah Humma Aamiin," ucapnya. 

Dalam tausiyahnya KH. Aan, menuturkan, Nabi Muhammad SAW sangat merindukan kaum-kaum yang sangat mencintai Nabi Muhammad SAW, yang akan di tunggu di padang mahsyar,  mudah - mudahan pada hari dan bulan ini, yang mana kita sedang melaksanakan kegiatan memperingati  kelahiran Nabi Muhamad SAW, dan mudah mudahan kita semua termasuk umatnya yang dicintai sampai yaumil kiyamah.

"Makna peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang dalam dunia kita terus diperingati setiap tanggal kelahiran beliau (setiap tanggal 12 Rabiul Awal) bukan lagi sebuah kesemarakan seremonial belaka, tapi sebuah momen spiritual sebagai figur tunggal yang mengisi pikiran, hati dan pandangan hidup kita," ucap KH. Aan.

KH. Aan, menambahkan, selain sebagai ekspresi rasa syukur atas kelahiran Rasulullah SAW, substansi dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah mengukuhkan komitmen loyalitas pada Nabi Muhammad SAW.


"Setidaknya, ini terwujud dengan beberapa hikmah hikmah," imbuh KH. Aan.

Di akhir tausiyahnya, KH. Aan, mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW mendorong orang untuk membaca shalawat, dan shalawat itu diperintahkan oleh Allah SWT.

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuknya dan ucapkanlah salam sejahtera kepadanya, meneguhkan kembali kecintaan kepada Rasulullah SAW," ucap KH. Aan.

Menurutnya, bagi seorang mukmin, kecintaan terhadap Rasulullah SAW, adalah sebuah keniscayaan, sebagai konsekuensi dari keimanan. Kecintaan pada utusan Allah SWT ini harus berada di atas segalanya, melebihi kecintaan pada anak dan istri, kecintaan terhadap harta, serta harta dan kedudukannya,

"Mari, kita tanamkan keteladanan Rasulallah ini dalam keseharian kita, mulai hal terkecil, hingga paling besar, mulai kehidupan duniawi, hingga urusan akhirat," tutupnya.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian bingkisan kepada 20 orang anak yatim oleh Wakapolres Serang Kompol Agung Cahyono.
Loading...