RSUD Madani Pekanbaru Belum Berfungsi Optimal

Iklan Semua Halaman

Wartawan PORTALBUANA Hanya Yang Tercantum Dalam Box Redaksi dan Dibekali Kartu Pers & Surat Tugas,

RSUD Madani Pekanbaru Belum Berfungsi Optimal

15 November, 2019

PORTALBUANA.COM, PEKANBARU. --Sejak diresmikan pada Februari 2018 lalu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Madani Pekanbaru belum kunjung berfungsi optimal. Sejumlah layanan yang seharusnya didapatkan masyarakat, seperti layanan rawat inap belum dapat digunakan masyarakat. 

Pasalnya, RSUD Madani Pekanbaru ini masih dalam proses peningkatan layanan. Beberapa alat medis pun masih dalam upaya peningkatan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Muhammad Amin mengatakan, bahwa saat ini pihaknya masih dalam upaya untuk melakukan peningkatan pelayanan RSUD Madani. 

"Untuk saat ini alat-alat kesehatan sudah di rangkum, dan pembangunan untuk tahun ini mungkin juga sudah selesai. Kita terus berupaya menggesa untuk kelengkapan seluruh layanan,"ujar Amin, Jumat (15/11). 

Menurut Amin, sejumlah pembangunan gedung dan ruangan masih berlangsung pada RSUD Madani tersebut. Pemerintah Kota sendiri menargetkan pembangunan dan kelengkapan fasilitas layanan rampung pada akhir tahun 2019 ini. 

Amin juga tidak menampik, bahwa fasilitas rawat inap belum dapat berfungsi pada RSUD Madani itu. Saat ini pun Rumah Sakit itu juga sedang dalam proses akreditasi. Akreditasi sendiri baru dapat dilakukan, apabila seluruh pembangunan dan alat kesehatan rampung secara keseluruhan. 

"Untuk Rawat inap belum bisa. Harus akreditasi dulu, setelah itu baru kerjasama dengan BPJS. Dan itu ada tiga langkah lagi untuk bisa pelayanan rawat inap," terang Amin. 

Meski belum ada akreditasi, Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Madani saat ini tetap menyiagakan satu dokter setiap malam. Sedangkan dokter lainnya, terutama spesialis, berpraktik pada siang hari.

"Saat ini, petugas-petugas kita sudah cukup disana, dan ruangan-ruangan sedang dalam pembenahan. Untuk saat ini yang sudah ada seperti IGD, rawat jalan, poli-poli juga sudah,"pungkasnya.

pembangunan RSUD Madani sendiri dimulai pada tahun 2016 silam. Pada saat itu pembangunan gedung utama dan Instalasi Gawat Darurat (IGD), jaringan, pendingin udara, gas medis dan lift sudah selesai, dan diresmikan pada bulan Februari 2018 lalu.[rls/pauzi/okta]
Loading...