Sekdakab Labuhanbatu Buka Sosialisasi GDPK

Iklan Semua Halaman

SEGENAP REDAKSI PORTAL BUANA DAN BIRO PERWAKILAN MENGUCAPKAN SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN KERINCI YANG KE 61 TAHUN. KOTA SUNGAI PENUH YANG KE 11 TAHUN,

Sekdakab Labuhanbatu Buka Sosialisasi GDPK

06 November, 2019

PORTALBUANA.COM, LABUHANBATU. Sekdakab Ahmad Muflih, SH, MM atasnama Bupati Labuhanbatu secara resmi tel;ah membuka kegiatan Sosialisasi GDPK (Grand Design Pembangunan Kependudukan) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019, Rabu (6/11/2019) pagi di Diamond Hall Hotel Permata Land Rantauprapat yang dihadiri Kakankemenag Labuhanbatu dan sejumlah Kepala OPD dan Camat di jajaran Pemkab Labuhanbatu.

Sekdakab Ahmad Muflih, SH, MM atasnama Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT dalam arahannya mengatakan, dengan adanya grand design pembangunan kependudukan kita akan bisa melihat bagaimana rencana startegis didalam membangun penduduk yang berkualitas di Kabupaten Labuhanbatu. 

"Saya ucapkan terimakasih kepada Dinas P2KB yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, bagaimana kita bisa mengatur penduduk ini supaya bisa maju, jumlah penduduk di Labuhanbatu ada di peringkat ke-8 terbesar se-Sumatera Utara, semoga dengan adanya GDPK penduduk akan semakin berkualitas," ujar Sekdakab. 

Sekdakab menyebutkan, keberhasilan dalam mewujudkan pertumbuhan penduduk seimbang dan mengembangkan kualitas penduduk serta keluarga akan memperbaiki segala aspek dan dimensi pembangunan dan kehidupan masyarakat untuk lebih maju sehingga mempercepat terwujudnya pembangunan berkelanjutan 


"Kita harus bisa bagaimana merubah pola fikir dimasyarakat agar bisa berfikir maju, jangan kita berfikir banyak anak banyak rezeky, lebih baik sedikit dan juga berkualitas, ditambah lagi permasalahan penduduk kita saat ini sangat banyak, contohnya narkoba, dan ini menjadi beban bagi kita semua," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas P2KB Provinsi Sumatera Utara diwakili Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Laura Ance Sinaga SKM, MHSM, MPH mengungkapkan, dari 33 Kabupaten/Kota di Sumut Kabupaten Labuhanbatu adalah urutan ke-5 dalam pembentukan grand design pembangunan kependudukan yang akan segera di lounching. 

"Untuk GDPK ini di Provinsi sudah terbit, namun percepatannya di Kabupaten/Kota sangat lambat, tantangan kependudukan di Sumut tidaklah gampang, contoh masalahnya adalah besarnya jumlah penduduk yang tidak bisa dikendalikan, saya berharap kedepan Labuhanbatu bisa menjadi percontohan GDPK, bagi Kabupaten lainya" ungkap Laura.

Kepala Dinas P2KB Labuhanbatu Hj. Lidyawati Harahap S.PSi, MAP menjelaskan, perumusan GDPK merupakan langkah strategis guna menentukan pondasi, arah dan strategi yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan, dan target yang telah ditentukan sesuai dengan potensi dan juga kependudukan di Kabupaten Labuhanbatu.

"Tujuan penyusunan GDPK ini untuk memberikan arah jelas, efisien dan terukur kepada setiap pihak terlibat langsung atau tidak langsung dalam proses pembangunan, output yang diharapkan yaitu diperolehnya gambaran menyeluruh tentang pola, strategi serta action plan dan berhubungan langsung dengan sasaran pembangunan," jelas Lidyawati. 

Kegiatan Sosialisasi Grand Design Pembangunan Kependudukan Kabupaten Labuhanbatu yang dilaksanakan selam satu hari tersebut diisi oleh dua narasumber yaitu, Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Sumatera Utara Prof. DR. Heru Santoso, Phd dan Ketua Koalisi Kependudukan Kabupaten Labuhanbatu Ir. Esty Pancaningdyah, M.Si.

Dalam acara pembukaan Sosialisasi Grand Design Pembangunan Kependudukan tersebut dihiasi dengan pemberian cenderamata berupa buku GDPK kepada Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas P2KB Provinsi Sumatera Utara, Kepala Bappeda Labuhanbatu dan Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Sumatera Utara yang diserahkan Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH, MM didampingi Kepala Dinas P2KB Labuhanbatu Hj. Lidyawati Harahap S.PSi, MAP.[sh]
Loading...