Wagub Sumbar Nasrul Abit Minta Anggota Pramuka Jadi Duta Narkoba

Iklan Semua Halaman

Wartawan PORTALBUANA Hanya Yang Tercantum Dalam Box Redaksi dan Dibekali Kartu Pers & Surat Tugas,

Wagub Sumbar Nasrul Abit Minta Anggota Pramuka Jadi Duta Narkoba

20 November, 2019

PORTALBUANA.COM - PADANG. Pramuka Penegak dari SMA Swasta se-Kota Padang mengikuti kemah bakti Pramuka yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) di Bumi Perkemahan Tiger Camp Lubuk Minturun, Padang, Rabu (20/11/2019). Kegiatan ini resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit selaku Ketua Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat.

Setelah melaksanakan kemah bakti Pramuka selama tiga hari, mulai dari tanggal 18-20 November 2019 sebagai wadah generasi muda dapat menjadi sarana dalam membentuk generasi penerus yang berkarakter dan berakhlak mulia. Terlebih dalam menyikapi perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat cepat.

Kakak Nasrul Abit (Kakak adalah panggilan kehormatan dalam kegiatan pramuka) mengatakan, gerakan pramuka dapat dijadikan sebagai wadah kreatifitas bagi generasi muda, dengan terus menerus melakukan berbagai kegiatan.

"Jadikan kemah bakti ini sebagai ajang kekompakan, karena dengan kemah bakti itu akan terbangun kebersamaan serta membangun hubungan nasionalisme antar sesama pramuka dan membangun mental generasi muda menjadi anak-anak yang disiplin ke depan," ujar Wagub Sumbar.

Menurut Nasrul Abit, anggota pramuka punya potensi yang besar untuk dapat mengisi kehidupan yang penuh dengan tantangan pada era milenial, seperti penyalahgunaan Narkoba bahaya perilaku menyimpang Lesbian Gay Biseksual Transgender (LGBT).

"Saya minta anggota Pramuka jadi Duta Narkoba, kalau ada disekitar kita yang terlibat narkoba jangan takut laporkan segera pada pihak berwenang," ingat Nasrul Abit.

Dia berpesan, agar generasi mperkembangan perilaku menyimpang dan penyalahgunaan Narkoba tersebut beberapa waktu terakhir ini cukup mengemuka dan dinyatakan darurat. Bahkan saat ini banyak anak muda di Indonesia yang terang-terangan menggunakan narkoba, bahkan sampai kepelosok desa.

"Untuk itu, kakak mengajak seluruh generasi muda untuk siap melawan kekuatan yang akan merusak tatanan bangsa seperti penyalahgunaan narkoba dan perilaku LGBT," tegasnya.

Selain itu Nasrul Abit sebelum menutup acara juga berpesan agar anggota pramuka terus berbakti pada orang tua, guru dan rajin belajar serta ibadah.

"Hormati orang tua, hargai beliau kondisi apapun, tanpa do'a orang tua kita tidak ada apa apa, termasuk guru di sekolah, jangan sampai hubungan silaturahmi ini sampai terputus," pintanya. 

Sementara itu, Ketua panitia perkemahan MKKS SMA Swasta se-Kota Padang.
Aliza, S.Ag, MM menyebutkan, perkemahan yang dilakukan bertujuan untuk membina dan membentuk generasi muda bangsa yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, dan membentuk generasi milenial yang berkarakter.

Menurutnya, peserta perkemahan MKKS SMA Swasta se-Kota Padang diikuti 31 sekolah tingkat SMA Swasta se-Kota Padang yang diwakili 8 putra dan 8 putri setiap sekolah 

Kemah bakti ini dilaksanakan selama tiga hari. Selama itu diadakan kegiatan berbagai perlombaan, diantaranya lomba tilawah, lomba tahfidz, pidato, pionering, tapak perkemahan, memasak dan lomba PBB 

Menurutnya, kegiatan perkemahan sangat bermanfaat bagi generasi muda karena ilmu yang diperoleh dapat memberikan pengetahuan tentang disiplin, sosial kemasyarakatan dan juga bela negara bagi generasi muda, khususnya yang tergabung dalam gerakan pramuka. 
#novear
#humassumbar
Loading...