Ditpolairud Terus Distribusikan Logistik Via Udara, Sigap Bantu Korban Bencana di Lebak

Iklan Semua Halaman

Wartawan PORTALBUANA Hanya Yang Tercantum Dalam Box Redaksi dan Dibekali Kartu Pers & Surat Tugas,
DOWNLOAD APLIKASI PORTALBUANA

Ditpolairud Terus Distribusikan Logistik Via Udara, Sigap Bantu Korban Bencana di Lebak

11 January, 2020

PORTALBUANA.COM - LEBAK. Sinergitas TNI-Polri dalam membantu warga yang terdampak bencana di wilayah Lebak, Banten, dari bahu-membahu membersihkan sampah, bakti sosial kesehatan, trauma healing dan pendistribusian bantuan logistik ke daerah yang terisolir sangat dirasakan masyarakat, khususnya di wilayah terdampak bencana banjir, Lebak, Provinsi Banten.

“Ini merupakan pengabdian kami sebagai pelayan masyarakat. Kami harapkan bantuan yang diberikan TNI dan Polri kepada korban terdampak bencana banjir dapat dirasakan warga," kata Kapolda Banten Irjen Pol Drs Agung Sabar melalui Dirpolairud Polda Banten

Wujud kepedulian TNI dan Polri terhadap warga yang tertimpa musibah dinyatakan dengan semangat kekompakan melaksanakan pendistribusian bantuan logistik ke daerah terisolir di wilayah lebak, Banten, pada sabtu (11/01/2020). Dalam pendsitribusian tersebut, Dirpolairud Polda Banten Kombes Pol Nunung Syaefuddin melalui Kasubdit Fasharkan didampingi Iptu Ferdo personil Polres Lebak dan Crew Helly Bell 412 mendistribusikan bantuan logistik ke daerah terisolir bencana banjir di wilayah Lebak - Banten.

Pendistribusian bantuan dilakukan di Desa Gunung Julang dengan 3 kali droping logistik, Desa Lebak Gedong 1 kali droping logistik dan selesai dilaksanakan sekira pukul 12.00 wib dikarenakan cuaca di lokasi kurang bersahabat, jelas Kombes Pol Nunung.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan bahwa peristiwa bencana alam pastinya menyisakan trauma bagi para pengungsi maupun korban bencana itu sendiri, mengingat rumah mereka banyak yang terendam banjir dan lainnya. Kehilangan harta benda bahkan nyawa orang-orang yang dikasihi.

Seperti kejadian bencana banjir bandang di Lebak, TNI dan Polri langsung melakukan penanganan khusus dan perhatikan warga yang terdampak bencana dengan memberikan pengertian kepada warga masyarakat dan berbagai penyuluhan, serta pelatihan trauma healing kepada warga terdampak bencana, ujar Kombes Pol Edy.

Siap siaga dan sigap dalam menghadapinya, dengan melakukan langkah antisipasinya agar mampu mengurangi jumlah kerugian jiwa dan sigap memberikan bantuan kepada para korban. Bantuan kepada para korban yang terkena bencana kita lakukan dengan tindakan-tindakan cepat tanggap seperti pendirian tenda bagi para pengungsi korban bencana, pendirian dapur-dapur umum, dan bakti sosial kesehatan di lapangan maupun pendampingan trauma pasca bencana, tutur Kombes Pol Edy mengakhiri.