Sinergitas TNI-POLRI : Tim Keslap Polda Banten Patroli Gabungan Pasca Banjir Lebak

Iklan Semua Halaman

Wartawan PORTALBUANA Hanya Yang Tercantum Dalam Box Redaksi dan Dibekali Kartu Pers & Surat Tugas,
DOWNLOAD APLIKASI PORTALBUANA

Perubahan Terhadap Pengumuman KPU KAB. TJB NOMOR 16


Sinergitas TNI-POLRI : Tim Keslap Polda Banten Patroli Gabungan Pasca Banjir Lebak

12 January, 2020

PORTALBUANA.COM - LEBAK. Pasca banjir badang Lebak yang terjadi Rabu (1/1/2020) melanda di beberapa Kecamatan wilayah Kabupaten Lebak, dampak peristiwa tersebut merusak ribuan rumah warga, fasilitas umum dan infrastuktur. 

Banjir bandang merupakan air banjir yang mengalir dari wilayah dataran tinggi ke wilayah lebih rendah dengan volume air yang cukup tinggi sehingga menghasilkan aliran arus air yang sangat deras, seperti kita ketahui beberapa faktor terjadinya banjir diantaranya penambangan dan pembalakan liar, curah hujan tinggi, tersumbatnya aliran sungai, banyaknya pemukiman di bantaran sungai dan lain sebagainya salah satu contoh daerah yang terdampak banjir bandang yaitu pemukiman yang berdekatan dengan Gunung Julang Lebak.

Menyikapi hal tersebut Polda Banten menerjunkan tim Keslap (Kesehatan Lapangan) Biddokes Polda Banten, Personil Sabhara, Satbrimod Polda Banten dan TNI melakukan patroli gabungan ke wilayah Gunung Julang Lebak guna mengantisipasi adanya kegiatan penambangan dan pembalakan liar. Sabtu (11/1/2020).

Selain melakukan patroli gabungan tim Keslap Polda Banten memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang terdampak banjir bandang dengan nemberikan obat-obatan serta vitamin kepada warga yang membutuhkannya. 

Kabiddokes Polda Banten Kombes dr. NARIYANA, M.Kes melalui Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata, S.I.K, M.H menyampaikan tujuan kegiatan patroli gabungan TNI-Polri tersebut di lakukan untuk mengantisipasi adanya penambangan dan pembalakan liar di wilayah Gunung Julang yang dapat mengakibatkan kerusakan dan penggundulan, sehingga menjadikan salah satu faktor terjadinya longsor dan banjir bandang dengan intesitas curah hujan yang tinggi saat ini.

"Patroli gabungan TNI-Polri yang kami lakukan guna mengantisipasi adanya pembalakan dan penambangan liar di daerah pegunungan, bilamana di temukan adanya kegiatan tersebut akan kami proses dan kami tindak lanjuti sesuai dengan  hukum yang berlaku" tutup Edy.