Pemkab Labuhanbatu Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk Melalui KKBPK

Iklan Semua Halaman

Wartawan PORTALBUANA Hanya Yang Tercantum Dalam Box Redaksi dan Dibekali Kartu Pers & Surat Tugas,
DOWNLOAD APLIKASI PORTALBUANA

PENGHASILAN TANPA BATAS


Pemkab Labuhanbatu Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk Melalui KKBPK

Senin, Februari 03, 2020


PORTALBUANA.COM, LABUHANBATU. Program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) adalah upaya dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. Program KKBPK ini tidak hanya dapat menurunkan total fertility rate (jumlah rata-rata anak yang terlahir dari seorang wanita usia subur), akan tetapi mempersiapkan generasi muda untuk merencanakan kehidupan berumah tangga.

Demikian pesan tertulis Bupati Labuhanbatu  pada upacara apel gabungan kelompok I dan II Pemkab Labuhanbatu, Senin (3/2/2020) pagi yang dibacakan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Hj. Lidiyawati Harahap, S.Psi selaku inspektur upacara di Halaman Kantor Bupati Labuhanbatu.

Seiiring dengan perkembangan zaman, di tahun 2020 Pemerintah melalui BKKBN melakukan perubahan logo, beat jingle KB dan tag line “Ayo Ikut KB” berubah menjadi Berencana Itu Keren. Hal ini dilakukan untuk merubah mind set kawula muda dalam merencanakan masa depannya mulai dari pendidikan, pekerjaan dan kehidupan berumah tangga.

Dalam arahan tertulis itu Bupati juga menyebutkan, Perubahan paradigma Program KB yang kian meluas menjadi Program KKBPK, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui Program Kampung KB, berbagai intervensi pembangunan telah dilakukan untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat.

Sejak dicanangkan secara serentak di tahun 2017, terdapat 27 Kampung KB yang menyebar di sembilan kecamatan. Kepedulian dan semangat gotong royong serta dukungan dana desa juga berdampak pada perkembangan Kampung KB di Kabupaten Labuhanbatu.

Menurut Bupati, untuk menyasar kaum millenial, maka dikembangkan strategi lainnya melalui Sekolah Siaga Kependudukan yang berbasis gerakan pramuka saka kencana. Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan pemahaman para remaja tentang isu-isu kependudukan, pendewasaan usia perkawinan, kesehatan reproduksi dan sebagainya.

Dengan memanfaatkan Media Sosial kita berharap para remaja dapat menyebarluaskan berbagai informasi tersebut sehingga dampaknya lebih cepat dan luas. Hal ini sudah dilakukan oleh sekolah siaga kependudukan SMK Al-Washliyah Harapan Sigambal dan SMK Siti Banun Kecamatan Rantau Selatan melalui media sosial instagram dan face book.

 Disisi lain Bupati juga menginformasikan bahwa pada bulan Juli 2020 mendatang Kabupaten Labuhanbatu akan menjadi tuan rumah Hari Keluarga Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Utara, hal ini tentunya menjadi tanggung jawab kita bersama untuk meraih yang terbaik. Untuk itu kerja sama dan dukungan dari semua pihak sangat diharapkan demi suksesnya rangkaian acara tersebut.

Kegiatan upacara apel gabungan yang dikomandoi komandan upacara Nurhetti L Tobing Kabid KB dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Labuhanbatu tersebut turut dihadiri para Staf Ahli Bupati, para Asisten Setdakab dan pejabat eselon II, III dan IV yang diawali dengan pembacaan teks Pancasila, UUD 1945 dan Prasetya Korpri itu ditutup dengan pembacaan do’a tersebut berjalan lancar dan sukses.