PORTAL BUANA NEWS

Portal Berita online , Akurat dan terpercaya

Iklan

Bupati Labuhanbatu Membuka Resmi MTQ Ke- 49 FSQ Ke-34 Tahun 2020 Tingkat Kabupaten.

Wednesday, March 04, 2020, March 04, 2020 WIB Last Updated 2020-03-04T02:19:13Z

PORTALBUANA.COM, LABUHANBATU. Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT. di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten labuhanbatu Hj.Rosmanidar Hasibuan membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an Hadist (MTQH) Ke 49 dan festival seni Qasidah ke -34 tahun 2020 di lapangan sepak bola dusun Siluang Desa Gunung Selamat Kecamatan Bilahulu Kabupaten Labuhanbatu Selasa malam (3/3/2020) pukul 20:00 wib.

Bupati Labuhanbatu dalam arahannya mengatakan Pelaksanaan MTQ dan FSQ ini kiranya tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syiar Islam saja, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil dari kegiatan pembelajaran dan pembinaan terhadap nilai nilai ritual keagamaan dan seni budaya yang islami, yang sangat di harapkan menghasilkan pemahaman dan pengamalan secara baik dan benar terhadap nilai nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an. Karena dengan pemahaman seperti ini Insha Allah akan melahirkan manusia yang qur'ani dan islami di tengah masyarakat.

Lebih lanjut di ucapkannya tujuan di adakan MTQ ini tidak hanya sebatas membaca dengan baik dan benar  atau penampilan suara merdu serta keindahan busana semata, akan tapi mampu mengingatkan kita agar senantiasa meningkatkan semangat untuk memahami serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.ujar Andi Suhaimi.

Ketua Pengembangan LPTQ Khairul Dalimunthe dalam laporannya menyebutkan cabang  Musabaqoh kali ini terdiri dari Tilawah Al-Qur'an  sebanyak 8 golongan, Hifzil Qur'an 5 golongan, Tafsir Qur'an 3 golongan, cabang Fahmil Qur'an,Syahril Qur'an,Khatt Al-Qur'an, Karya tulis Al-Qur'an,sedangkan cabang Musabaqoh Hadist terdiri dari 100 hadist dengan Sanad,dan 500 hadist tanpa Sanad.disamping itu Cabang seni Qasidah terdiri dari tingkat Remaja, vocalis anak-anak, vokalis Remaja dan vocalis tingkat Dewasa,ucap Khairul.

Di jelaskan Khairul bahwa pemenang pada MTQ dan FSQ kali ini akan di bawa mewakili Kabupaten labuhanbatu untuk mengikuti MTQ Tingkat Provinsi di Tebing Tinggi pada tanggal 1april sampai 9 April mendatang.jelasnya.

Camat Bilahulu Hamdy Erazona Siregar ST.MM. Selaku tuan rumah menyebutkan " MTQ yang memperlombakan beberapa segi kemahiran dalam bidang Al-Qur'an sudah merupakan tradisi positif yang sudah di lembagakan pemerintah, Kami sangat mendukung perhelatan ini agar di laksanakan sebaik baiknya lebih baik dari tahun tahun sebelumnya, saya berharap melalui MTQ ini akan lahir generasi-generasi yang qur'ani yang akan membawa daerah kita lebih religi, maju,damai dalam bingkai kerukunan yang hakiki,ujar Hamdy.

Sementara Kepala Kamenag labuhanbatu Drs Saripuddin M.Pd pada kesempatan itu mengatakan MTQ merupakan kegiatan yang menjadi agenda tahunan dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita,namun hal tersebut jangan dianggap sebagai sebuah tradisi tanpa ada pesan da'wah Islam, namun jadikan ini sebagai rangka ibadah, harus di sadari bahwa penyelenggaraan MTQ dan FSQ senantiasa dirahkan  pada upaya menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat  untuk mempelajari dan memahami Alquran sebagai petunjuk dan pedoman dalam kehidupan.ujar Sarifuddin.

Di kesempatan yang sama ketua DPRD kabupaten labuhanbatu Hj.Meika Rianti Siregar menyebutkan" Al-Qur'an Merupakan kitab suci yang penuh inpirasi dan motivasi,agar umat manusia dapat memperluas wawasan, menyempurnakan akhlak serta menciptakan generasi Rabbani dan Qur'ani yang handal dan berakhlaqul Karimah,

Saya berharap kepada seluruh masyarakat labuhanbatu agar kiranya menjadikan agenda ini sebagai filter penyaring berbagai dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak selaras dengan kandungan Al-quran.harapnya.


Mengambil berkah acara itu di awali dengan Pembacaan Tilawah Qur'an oleh H.Darwin Hasibuan salah satu Qori internasional putra terbaik labuhanbatu, dan Do'a  oleh Buya KH. Darwis LC.serta penekanan sirene oleh Bupati labuhanbatu sebagai tanda MTQH dan FSQ tingkat kabupaten labuhanbatu tahun 2020 resmi di buka.

Selain Bupati Labuhanbatu dan K.TP.PKK terlihat hadir dalam pembukaan MTQ dan FSQ tersebut Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat, Dandim 0209/lb Letkol Inf Santoso, Ketua DPRD kabupaten labuhanbatu Hj.Meika Rianti Siregar, Kepala Kejaksaan, Kepala Pengadilan , Kepala OPD, Camat se Kabupaten Labuhanbatu, Lurah dan Kades se labuhanbatu, para Peserta Kontingen dan Ribuan masyarakat labuhanbatu.

Rangkaian acara pembukaan MTQ di maksud di selingi dengan tarian dan drama kolosal  yang berjudul Umar Bin Khatab Masuk Islam, dari pelajar SMU dan MTs gabungan kecamatan bilahulu, dan pertunjukan artis YouTubers religi yang sedang viral dari Provinsi Aceh bernama  Puja Sarma.[sh]
Print Friendly and PDF
Komentar

Tampilkan

Terkini

Sumut

+