PORTAL BUANA NEWS

Portal Berita online , Akurat dan terpercaya

Iklan

Bupati Pelalawan Hadiri Kegiatan Pelalawan Sehat Sekaligus Sosialisasi Pencegahan Virus Corona Di Desa Lalang Kabung

Thursday, March 19, 2020, March 19, 2020 WIB Last Updated 2020-03-19T11:51:32Z

PORTALBUANA.COM, PELALAWAN RIAUBupati Pelalawan HM. Harris  menghadiri kegiatan Pelalawan Sehat dalam rangka memperingati hari kanker sedunia yang bertempat di halaman SDN 012 Desa Lalang Kabung pada Rabu 18 Maret 2020. Kegiatan Pelalawan Sehat dalam rangka memperingati hari kanker sedunia ini bertema “Bebas Kanker Servik Dan Payudara, Deteksi Dini Melalui Pemeriksaan Ivatest Dan Sadanis.” Dalam acara ini  juga dilaksanakan sosialisasi pencegaan virus Corona yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Pelalawan, Kepala Dinas PMD Kab.Pelalawan, Kepala Dinas DP3AP2KB Kab.Pelalawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pelalawan, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kab. Pelalawan, Camat Pelalawan T. Sakiramdhan, S.Sos, Kapolsubsektor Pelalawan Iptu Zulmaheri dan Danramil. 

Kegiatan Pelalawan Sehat diawali dengan senam sehat serta pemberian materi kepada masyarakat dalam pencegahan virus Corona. Kabid Kesmas dr.Andan Dewi  dari Dinas Kesehatan Kab. Pelalawan menyampaikan 5 kiat menghindari terjangkitnya virus Covid-19, yaitu:mencuci tangan dengan benar, menggunakan masker, menjaga daya tahan tubuh, tidak pergi ke negara terjangkit virus Covid-19 dan menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan Corona Virus.


Kepala BLUD Puskesmas Wisata Pelalawan Asmawati, S.KM mengadakan pengobatan gratis terhadap masyarakat, antara lain pengobatan umum, pengobatan gigi, screening Penyakit Tidak Menular (PTM) Posbindu, pemasangan KB gratis, pemeriksaan golongan darah, asam urat, kolesterol, gula darah serta ivatest. Tenaga medis BLUD Puskesmas Pelalawan melayani lebih kurang 300 masyarakat dalam kegiatan pengobatan gratis tersebut. 

Camat Pelalawan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Pelalawan yang telah mengadakan kegiatan Pelalawan Sehat yang mana menjadi salah satu dari 7 program strategis Bupati Pelalawan.

Camat Pelalawan T. Sakiramadhan juga menyapaikan bahwa pada saat ini Kecamatan Pelalawan masih dalam tahap aman dan belum ada ditemukan masyarakat yang terkena Virus Corona. Namun demikian Mantan Sekcam Pelalawan ini mengajak agar masyarakat menjaga kesehatan dengan melakukan kontrol kesehatan ke puskesmas serta pos pelayanan kesehatan terdekat dan segera melakukan chek up jika mengalami gejala flu, batuk dan sakit tenggorokan. 

Dalam sambutannya Bupati Pelalawan HM. Haris mengajak masyarakat untuk melakukan kontrol kesehatan, melakukan pencegahan tarhadap virus Corona yang sekarang sedang marak maraknya. HM. Harris berharap kepada pihak puskesmas agar melakukan kegiatan sosialisasi dan pencegahan terhadap terjangkitnya virus Corona dengan melakukan hal-hal kecil yang dapat mencegahnya seperti yang telah  disampaikan oleh dr. Andan Dewi.

Bupati Harris juga menyampaikan bahwa telah berkoordinasi dengan Gubernur Riau dalam antisipasi mewabahnya virus Corona. “Saya sudah berkoordinasi dengan Gubernur Riau via telfon  dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona ini. Saya himbau kepada para orang tua untuk melarang anaknya berkegiatan di luar rumah. Libur untuk anak sekolah  ini jangan digunakan untuk mengajak anak berlibur ke kota lain, tetap tinggal di rumah masing-masing  dan hindari keramaian untuk memutus rantai penyebaran virus Corona.” tegas Bupati.
(ROMI)
Print Friendly and PDF
Komentar

Tampilkan

Terkini