-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Hj.Rosmanidar Hasibuan Menghimbau, Cegah Penularan Covid-19 Melalui 8 Fungsi Keluarga.

Wednesday, May 06, 2020 | May 06, 2020 WIB Last Updated 2020-05-06T07:55:50Z

PORTALBUANA.COM, LABUHANBATU. Musim pandemi Covid-19 masih saja berlanjut, belum ada obat yang pasti yang bisa mengobati virus tersebut, namun ada beberapa upaya yang telah di tetapkan pemerintah untuk mengurangi bahkan memutus rantai penyebaran virus ini,dan ini memerlukan kerjasama kita semua,antara semua element,baik masyarakat ataupun pemerintahan, jelas Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj.Rosmanidar Hasibuan di ruang kerjanya jln We.Supratman kelurahan Padang matinggi Kecamatan Rantau Selatan Rabu (6/5/2020).

Di sebutkan ya, adapun salah satu cara yang efesien untuk mencegah penularan Covid-19 melalui penerapan 8 Fungsi kelurga yaitu,

Pertama: fungsi keagamaan, yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa, khusus untuk agama Islam, Pelaksanaan ibadah secara berjamaah hendaknya membawa sajadah pribadi atau satu tangan.

Kedua: funssi Sosial Budaya,yaitu hindari kegiatan keramaian, jangan lupa gunakan masker jika berpergian dan hindari kontak fisik dengan orang lain seperti bersalaman, serta menghindari penyebaran berita hoax.

Ketiga: Fungsi Cinta Kasih, mari kita tingkatkan komunikasi dengan keluarga seperti mengingatkan anggota keluarga agar sering mencuci tangan, mengukur suhu badan, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Keempat: Fungsi Perlindungan, Hindari menyentuh mata,hidung, mulut dan mempertahankan jarak setidaknya satu meter dengan orang lain khususnya kepada orang yang mengalami batuk, bersin dan demam, hindari makan/ memegang produk hewani yang mentah.

Kelima: Fungsi Reproduksi, Ibu hamil untuk lebih menjaga kesehatan reproduksinya dengan cara memeriksakan kehamilanya secara rutin pada fasilitas kesehatan terdekat.

Keenam: Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan, Orang tua dan anak saling berbagi informasi yang benar tentang cara mencegah penularan Covid-19.Menghubungi call center posko pelaporan Covid-19 apabila mengetahui ada anggota keluarga yang terindikasi Covid-19.

Ketujuh: Fungsi Ekonomi, kiranya kita menyediakan Sanitizer dan bahan-bahan yang dapat berfungsi sebagai sanitizer, apabila memungkinkan buatkan sanitizer dalam keluarga untuk mengatasi kelangkaan dalam pasar.

Dan Terakhir Fungsi Pembinaan Lingkungan, Marilah kita tingkatkan kebersihan rumah dan lingkungan, jika ada anggota keluarga yang batuk, silahkan memakai masker dan segera cari bantuan medis.

Jika ini bisa kita terapkan insha Allah penyebaran Covid-19 dapat segera berakhir, mari sama-sama kita perangi pandemi ini dengan mengikuti apa yang telah menjadi maklumat pemerintah.jelah Ny, Hj, Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT.[sh]
×
Berita Terbaru Update
WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251