-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Menyantuni Anak Yatim, Abd.Mukti : Tips Di Surga, Berdampingan Dengan Nabi SAW

Wednesday, May 06, 2020 | May 06, 2020 WIB Last Updated 2020-05-06T08:42:50Z

PORTALBUANA.COM RELIGI. Ada satu amalan yang jika dikerjakan oleh seorang muslim nilai atau balasannya sangat istimewa.Yaitu akan ditempatkan di Surga berdampingan dengan Nabi SAW. Maa Syaa Allah.

Baca hadits dibawah ini : Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِى الْجَنَّةِ هكَذَا »  وأشار بالسبابة والوسطى وفرج بينهما شيئاً

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya. ( HR.Al-Bukhari).

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan dan pahala orang yang meyantuni anak yatim, sehingga imam Bukhari mencantumkan hadits ini dalam bab: keutamaan orang yang mengasuh anak yatim.

Beberapa faidah penting yang terkandung dalam hadits ini:

a.Orang yang menyantuni anak yatim di dunia akan menempati kedudukan yang tinggi di surga dekat dengan kedudukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.( Lihat Kitab Aunul Ma'buud).

b.Arti “menanggung anak yatim” adalah mengurusi dan memperhatikan semua keperluan hidupnya, seperti nafkah (makan dan minum), pakaian, mengasuh dan mendidiknya dengan pendidikan Islam         yang benar.( Lihat Syarah Shahih Muslim).

c.Yang dimaksud dengan anak yatim adalah seorang anak yang ditinggal oleh ayahnya sebelum anak itu mencapai usia dewasa.(Lihat Kitab an-Nihayah fi gharibil hadiitsi wal atsar).

*Harta itu Amanah*

Pada hakekatnya harta yang kita miliki itu sesungguhnya adalah amanah atau titipan dari Allah SWT.
Oleh karenanya, harus kita manfaatkan sebaik-baiknya sesuai dengan petunjuk Alqur'an dan Sunnah Rasul. Jangan sampai kita justru dilalaikan untuk berdzikir kepada Allah.Kalau demikian halnya kita akan menjadi orang yang merugi. (Q.S.Almunafiqun: 9 ).

Agar harta itu menjadi milik kita yg dapat "dibawa mati", ya hendaknya harta itu kita infaqkan dengan sebaik-baiknya, termasuk untuk menyantuni anak yatim.

Dan, insya Allah dengan menyantuni anak yatim akan dapat sebagai tameng dari bencana seperti covid 19 yang sedang melanda dunia.Di akhirat,insya Allah kita akan mendapat perlindungan Allah di hari kiamat, dan pahala yg paling istimewa adalah kita akan Allah dimasukkan ke dalam surga berdampingan dengan Nabi SAW.Insyaa Allah.

Penulis :Abd.Mukti,S.Ag
Ketua Panti Asuhan Aisyiyah-Muhammadiyah Kuala Tungkal.
×
Berita Terbaru Update
WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251