-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Penerima BLT / BST Desa Lubuk paku Tidak Tepat Sasaran Diduga Keluarga Perangkat Desa

Wednesday, May 13, 2020 | May 13, 2020 WIB Last Updated 2020-05-13T16:59:29Z

PORTALBUANA.COM KERINCI. Pandemi wabah virus covid-19 yang berdampak perokonomian masyarakat menjadi susah tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari hari. Pemerintah pun juga tekah mengambil kebijakan menyalurkan berbagai bantuan kemasyarakat melalui desa maupun dinas sosial.

Namun dalam penyaluran untuk masyarakat dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai ( BLT) dari dana desa menuai kontropeksi. Pasalnya dalam pendataan yang dilakukan banyak yang tidak tepat sasaran bahkan sistem keluarga. 

Desa lubuk paku kecamatan batang merangin kabupaten kerinci dalam pendataan penerima BLT /BST dari informasi warga tidak tepat sasaran. Peenerima BLT /BST tersebut keluarga perangkat desa dan keluarga pemangku adat ( ninik mamak)

Amry Salah seorang warga lubuk paku saat dikonfirmasi via telpon celular menyebutan. " memang benar penerima BLT desa kami seluruhnya keluarga kades dan keluarga pemangku adat. Pada hal masih banyak warga yang layak menerima tidak didata 

Pendataan ini kemungkinan ada sangkut pautnya dengan permasalahan pemilihan pemangku adat tahun 2019 warga yang tidak mau membayar pemilihan pemangku adat rata rata tidak didata.

Saya sudah cek dikecamatan daftar nama penerima BLT desa lubuk paku. Tidak satu pun dalam daftar tersebut warga yang tidak memilih dan tidak membayar dalam pemilihan pemangku adat ada dalam daftar penerima BLT. 

Bahkan BPD dalam daftar atas nama istrinya begitu juga Kadus atas nama istrinya. Dalam daftar yang sudah didata sebanyak 140 orang. Tidak satu pun warga yang tidakmemilih dan mendukung pemilihan tumenggung ( ninik mamak ) terdata. 

Sama halnya pembagian Raskin nama mereka tidak ada dalam daftar raskin. Pada hal tahun tahun sebelumnya mereka ada dalam daftar Raskin. Dikarenakan mereka tidak mau memilih dan mendukung pemangku adat dan tidak mau membayar nama mereka dihilangkan dalam daftar raskin juga tidak didata dalam penerima BLT. 

Pada hal warga tersebut bukan orang yang berada. Mereka juga tidak mampu untuk kebutuhan sehari hari mereka susah mendapatkan saat pandemi wabah virus covid-19 ini. Ungkap Amry.

Lebih lanjut Amry menambahkan. " saya mewakili masyarakat yang tidak menerima BLT ini bermohon dan berharap kepada rekan rekan LSM dan wartawan untuk mengusut ketidak beresan dalam desa kami ini. Sudah sistim family. Pungkas Amry.( fc)
×
Berita Terbaru Update
WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251