-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Pria Pengangguran Melakukan Pencurian, Dengan Modus Cari Kontrakan

Thursday, May 07, 2020 | May 07, 2020 WIB Last Updated 2020-05-07T11:36:36Z

PORTALBUANA.COM, MANDAU. - Modus cari rumah sewa, akhirnya dilakukan RK (40) pria pengangguran warga Jln. Desa Harapan, Kel. Air Jamban, Kec. Mandau, Kab. Bengkalis ini berhasil diringkus oleh tim Polsek Mandau setelah melakukan aksi pencurian sejumlah barang milik seorang Ibu Rumah Tangga berinisial YR (67), warga Jln. Siak, Ds. Petani, Kec. Bathin Solapan, Kab. Bengkalis (TKP).

Dalam perkara ini tindakan pencurian tersebut masuk dalam rumusan Pasal 363 KUHPidana. Dan kejadian ini dilaporkan oleh Korban sendiri (YR).

Setelah melakukan penelusuran dan penyelidikan, akhirnya Tim Opsnal Polsek Mandau berhasil meringkus RK pada hari Rabu, tanggal 06 Mei 2020, sekira pukul 20.30 Wib di Jln. Lintas Duri-Dumai Km.3,5 Kulim, Desa Air Kulim, Kec. Bathin Solapan, Kab. Bengkalis.

Dan dari Pelaku berhasil diamankan sejumlah Barang Bukti berupa 1 (satu) buah Cicin rantai emas seberat 5 gram beserta suratnya, uang tunai sebesar Rp. 1.900.000,- , dan 1 (satu) buah Tas kulit warna merah, Kapolsek Arvin Haryadi S.IK, mengungkapkan kronologis kejadian dan penangkapan Pelaku.


“Benar, tepatnya Rabu 06 Mei 2020, sekira pukul 16.30 Wib, di rumah YR (67) terjadi pencurian yang dilakukan oleh orang yang tidak dikenal (OTK). Pada saat itu Pelapor sedang di rumah, tiba-tiba datang RK dengan maksud mencari rumah sewa. Pelapor mengatakan “tunggu Bapak pulang dari ladang dulu”. Lalu Pelapor masuk ke dalam rumah, tidak berapa lama terdengar suara tutup lemari jatuh yang berada di ruang tengah. Dan Pelapor langsung mengecek ke ruangan tengah.

Sampai disana Pelapor terkejut melihat Terlapor sudah mengambil Tas miliknya, dan lari menuju keluar rumah. Lalu Pelapor langsung mengejar dan berteriak maling namun Terlapor berhasil melarikan diri/kabur. Dan menurut pengakuan Pelapor tas tersebut berisikan cincin emas seberat 5 gram dan uang sebesar Rp 1.900.000 (satu juta sembilan ratus ribu rupiah). Dan Pelapor merasa dirugikan, selanjutnya melaporkan kepada Pihak Berwajib/Polri, untuk pengusutan lebih lanjut”, urai Kapolsek Mandau menuturkan.

Kemudian, Orang nomor satu di Kepolisian Sektor Mandau ini melanjutkan, ” Di hari yang sama pada pukul 20.00 Wib, Team Opsnal Polsek Mandau melakukan penyelidikan terhadap perkara pencurian ini. Dengan menyamar Team Opsnal melakukan kontak melalui HP terhadap Pelaku yang sebelumnya sempat meninggalkan no.HP nya kepada Korban, dan dengan diiming-imingi akan membeli motor milik Pelaku, akhirnya Pelaku mau bertemu dengan Petugas di Jln. Lintas Duri-Dumai Km. 3,5 Kulim, Desa Air Kulim, Kec. Bathin Solapan, Kab. Bengkalis. Sekira pukul 20.30 Wib.

“Akhirnya Petugas berhasil bertemu dengan Pelaku dan langsung mengamankan Pelaku yang awalnya Pelaku tidak mengakui perbuatannya, namun setelah dipertemukan dengan Korban akhirnya Pelaku mengakui bahwa benar ialah yang melakukan pencurian di rumah korban tersebut. Kemudian Pelaku menyerahkan semua barang bukti kepada Petugas, selanjutnya Tersangka dan barang bukti dibawa ke Polsek Mandau, guna proses penyidikan lebih lanjut”, tambah Arvin

Dalam kesempatan ini Kapolsek Mandau juga memberikan Himabauan Kamtibmas,

 “Dimohon kepada semua warga agar selalu waspada terhadap orang asing yang akan berkunjung ke rumah kita, apalagi gerak geriknya mencurigakan, bilamana perlu ditanyakan apa tujuannya ke rumah kita, orang asing tidak perlu sampai masuk ke dalam rumah. Saat rumah kita kosong (sendiri), keluarga yang lain keluar melakukan aktifitas sehari – hari, demi keselamatan dan keamanan, bisa meminta tetangga untuk menemani, atau segera hubungi kerabat untuk datang ke rumah kita”, Himbaunya tegas. [sht]
×
Berita Terbaru Update
WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251