Satbrimobda Banten Dampingi Kapolsek Pulomerak Patroli Pemulangan Buruh Dampak Covid-19

Satbrimobda Banten Dampingi Kapolsek Pulomerak Patroli Pemulangan Buruh Dampak Covid-19

Monday, May 18, 2020, May 18, 2020

PORTALBUANA.COM CILEGON. Sat Brimob Polda Banten mendampingi Kapolsek Pulomerak AKP Rifki Seftyrian S.IK M.H melaksanakan patroli keamanan dalam rangka pemulangan penumpang buruh dari Terminal Terpadu Merak (TTM) yang sudah tidak bekerja akibat dampak Virus Corona (Covid-19).

Para penumpang tersebut dari Pulau Sumatera dipulangkan ke daerah asalnya, Minggu (17/5/20) pukul 20.30 WIB.

Hadir dalam kegiatan, Kapolsek Merak AKP Rifki, Kasat Sabhara Polres Cilegon AKP Tri, Kasat Binmas Polres Cilegon AKP Yudi Permana, Dishub Cilegon, Satlantas Polda Banten, Wadanyon B Brimob Polda Banten AKP Totong Mulyadi, dan Wadanyon C Brimob Polda Banten AKP Tatang Warsita.

Dalam kesempatan itu, Wadanyon B Brimob, AKP Totong Mulyadi melalui Wadanyon C Brimob Polda Banten AKP Tatang Warsita mengatakan, Sat Brimob Polda Banten mendampingi Polsek Pulomerak dalam rangka mengamankan pemulangan buruh dampak Covid-19.

"Personel Sat Brimob Ops Ketupat Kalimaya dalam hal ini membackup keamanan antisipasi aksi teror kejahatan bersenjata yang diduga berintensitas tinggi," ujar AKP Tatang.

Selain itu, kata AKP Tatang, mencegah adanya preman atau calo yang memanfaatkan situasi pemulangan para buruh dampak Covid-19 di Pelabuhan Merak.

Sementara itu, Kapolsek Pulomerak, Rifki mengatakan, sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka berasal dari Jabar dan Jateng. Para penumpang tersebut bekerja sebagai buruh galian Telkom, Perkebunan, dan Jalan Tol dari daerah Dumai, Bengkulu Sumatera.

"Mereka dipulangkan dan diberangkatkan atas kebijakan Pemerintah Dishub Kota Cilegon dengan tidak membayar ongkos atau gratis dengan tujuan Blora, Kudus, dan Pati," ungkap Rifki.

Dikatakannya, jumlah yang sudah diberangkatkan bus ke 30, 660 orang laki-laki dewasa (LD) menggunakan Bus yang ditunjuk pemerintah untuk membantu pemulangan.

Bus Po. Sinar Jaya jurusan Jawa jumlah 31 unit, sudah berangkat 27 unit. Sedangkan, Bus Po. Zentrum jumlah 8 unit, sudah berangkat 3 unit.

"Setiap Bus berjumlah 21-25 orang, namun dilihat bagaimana per sheetnya untuk jurusan Brebes, Blora, Kudus, dan Pati," tutur Rifki.

Sebagai informasi, dari sumber yang didapat masih ada penumpang buruh perjalanan dari Aceh menuju Lampung Sumatera yang akan menuju wilayah Merak.

TerPopuler