-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Miris, Proyek Pemda Dana Milliaran Hasilnya Mengecewakan

Sunday, June 28, 2020 | June 28, 2020 WIB Last Updated 2020-06-28T18:24:01Z

PORTALBUANA.COM_,BATHIN SOLAPAN. _ Hancurnya turap atau dinding beton penyanggah tanah yang terletak di jalan Siak, Desa Petani jalan lingkar , Kec.Bathin Solapan tampak roboh setelah hujan yang begitu deras dalam beberapa hari belakangan ini, sehingga mengakibatkan ambruknya beton penahan tanah bahu jalan lingkar tersebut,

Akibat ambruknya dinding beton yang jadi bahu jalan itu dengan panjang  ± 20 meter itu sontak jadi bahan sorotan warga yang belum lama ini baru selesai pengerjaannya tampak roboh ke lereng tanah yang lebih curam, 



Pada waktu pengerjaan awak media sudah sempat mempertanyakan dengan bahasa ketika dikonfirmasi "Gak apa-apa itu kuat kok jelas salah seorang yang masih salah seorang staf PUPR Jasa Marga bernama pak Dionggi selaku KPA Dan Rafi selaku PPTK pengerjaan ketika dikonfirmasi terkait dengan pemakaian warmes dalam pembuatan Turap penahan tanah tersebut, lanjutnya lagi warmes hanya untuk pengikat cor coran saja bahasa beliau" mengakhiri pembicaraan.

Dan beliau langsung pergi meninggalkan lapangan dengan bahasa kami mau melihat kerjaan yang lain pak" tidak bisa berlama lama jelas beliau, tidak lama dalam selang waktu awak media mencoba minta nomor telpon untuk bisa komunikasi spontan jawabannya" saya tak bisa ngasi nomor dan segala sesuatu yang menyangkut proyek ini bapak hubungi aja pihak kontraktornya" tegas beliau sambil meninggalkan lapangan. 



Dengan patahnya Di bagian tengah, dinding panjang itu sangat Tragis, di bagian bidang beton patah sama sekali tidak ditemukan besi sebagai tulang penguat sambungan tembok.

Tidak salah apabila akhirnya turap itu amblas, jebol terbawa erosi arus air mengakibatkan tanah longsoran ,tingginya curah hujan beberapa hari lalu, Sebagaimana diketahui, turap itu baru saja dirampungkan pengerjaannya belum lama ini. Biaya pengadaan dan pengerjaannya pun disebut berbarengan dengan proyek pengerjaan jalan lingkar dan diperkirakan menelan anggaran hingga miliaran rupiah.

Robohnya dinding penahan tanah itu, ruas dinding yang berada tidak jauh dari lokasi berdampingan  sangat rawan juga, akan terjadi longsor kembali akibat terkikis air pada saat hujan dengan curah yang besar. 

Apabila dibiarkan sampai berlarut larut, ruas jalan tersebut sangat berpotensi besar menimbulkan kerusakan fatal bahkan mengakibatkan akan putusnya akses jalan bagi warga sekitar, proyek yang dikerjakan oleh PT. Sumber Arta Reksa Mulia dalam masa anggaran APBD tahun 2019 lalu.



Ketika dikonfirmasi kepada salah seorang warga yang kebetulan tinggal di kebun sawit mengatakan kepada awak media"kejadian ambruknya dinding beton tersebut pas hujan lebat yang beberapa hari yang lewat tak ada henti henti ya itu pak, saya aja kaget ketika mau keluar pagi sudah ambruk itu betonnya jelasnya sembari mengakhiri pembicaraan. 

Mesti apa pun demikian, yang jelas kerusakan itu tetap dianggap masyarakat sebagai pekerjaan yang sangat sia-sia, terkesan membuang-buang anggaran pemerintah ’.[sht]
×
Berita Terbaru Update
WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251