WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251 -->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Kunjungan Ketua DPRD Bengkalis Ke DPRD Pelalawan

Pemko Kembali Lakukan Tes Swab Masal

Sunday, June 21, 2020 | June 21, 2020 WIB Last Updated 2020-06-21T14:20:27Z

PORTALBUANA.COM, PEKANBARU--Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Pekanbaru, kembali akan melakukan tes swab masal. Tes swab masal direncanakan akan digelar, Rabu (24/6). 

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Muhammad Amin mengatakan, tes swab masal direncanakan dilakukan di dua titik. 

Pertama di Sukaramai Trade Center (STC), dan Pasar Pusat Pekanbaru. Lokasi disebar di dua titik untuk memecah keramaian. 

"Iya, kita rencakan tanggal 24 besok di STC dan Pasar Pusat," kata Amin, Ahad (21/6). 

Tes swab masal akan diselenggarakan kepada Orang Dalam Pemantauan (ODP) covid-19 yang tercatat di data tim gugus tugas covid-19 Pekanbaru. Selain itu, dikatakan Amin, masyarakat yang ingin melakukan tes swab juga bisa datang langsung ke lokasi. 

Amin menyebut, tes swab masal ini sebelumnya memang sudah direncanakan bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau dalam upaya mencari orang tanpa gejala (OTG) Covid-19. 

Pemko Pekanbaru berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau untuk melakukan tes swab masal. Pasalnya, untuk laboratorium biomolekuler pemeriksaaan swab telah dimiliki Pemprov Riau. 

Ditambah dengan mencuatnya kasus baru dari klaster Bank BRI, maka seluruh orang yang didapat dari hasil tracing dari pasien terkonfirmasi positif akan melakukan tes swab masal. 

Mereka yang menjalani tes swab akan dilakukan pengambilan sampel cairan saluran pernapasan. Hasil nya, dikatakan Amin baru dapat diketahui 2-3 hari pengambilan sampel. 

"Masyarakat yang ingin melakukan tes swab bisa datang ke lokasi pemeriksaan. Tidak ada syarat khusus," tutup Amin.[pauzi]