-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Adi Sukemi : “Gasing Olahraga Rakyat Yang Menyatukan Antar Generasi"

Wednesday, July 29, 2020 | July 29, 2020 WIB Last Updated 2020-07-29T10:12:09Z

PORTALBUANA.COM, PELALAWAN. Dalam upaya melestarikan seni budaya permainan tradisional di Kabupaten Pelalawan, Kelurahan Rawang Empat  melaksanakan tournament gasing se Kecamatan Bandar Petalangan pada Selasa (28/07/2020). Open Turnamen Gasing Lurah CUP I Kelurahan Rawang Empat ini diikuti oleh sebanyak 107 tim yang berasal dari berbagai desa dan kecamatan.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Adi Sukemi, ST.MM, anggota DPRD Pelalawan Nasaruddin, US.SH, Camat Bandar Petalangan Mukhtarius, S.Pd.,M.Pd, Lurah Rawang Empat Ramli, S.Pd.,M.Pd, Sekretaris Dinas Sosial Dra.Hj. Srinoralita, MM, Kepala desa se- Kecamatan Bandar Petalangan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda se- Kelurahan Rawang Empat. 

Lurah Rawang Empat Ramli, S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa "Terlaksananya open turnamen gasing ini merupakan ide dari pemuda yang ada dikelurahan Rawang Empat ini, dengan tujuan ingin membudayakan dan menghidupkan kembali permainan rakyat ini dikalangan generasi muda. Permainan gasing ini memiliki pesan atau nilai filosofi yang terdapat didalamnya, yaitu keseimbangan antara perbuatan dan perkataan sesuai dengan keseimbangan yang ada dalam kehidupan kita ini, kalaulah keseimbangan itu berputar atau berjalan dengan seimbang sesuai dengan gasing tentunya kehidupan kita akan aman tentram, damai dan bahagia." jelas Ramli.  

Ramli berharap semoga kedepannya open turnamen gasing ini tetap dapat berlanjut dan dapat dijadikan sebagai ajang mempererat hubungan silaturrahmi.

Sementara itu Camat Bandar Petalangan Mukhtarius, S.Pd.,M.Pd dalam sambutannya juga menyampaikan kegiatan ini menjadi berkah bagi semua sekaligus sebagai ajang mempererat silaturrahmi antara pemerintah daerah dengan masyarakat. Mukhtarius menjelaskan bahwa permainan gasing ini merupakan permainan kaum milenial masa orang tua dahulu yang mana olahraga tradisional ini juga olahraga yang dicintai oleh masyarakat dan generasi muda.

Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi, ST.MM  mengapresiasi  kegiatan turnamen gasing yang diadakan di Kelurahan Rawang Empat. "Saya mengapresiasi kerja keras panita dan pemuda Kelurahan Rawang Empat  dalam menyelenggarakan kegiatan turnamen gasing ini. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik mulai dari pembukaan sampai acara penutupan."

Adi Sukemi juga berharap melalui turnamen gasing ini dapat mempererat hubungan antara orang tua dan pemuda generasi milenial. "Dengan adanya olahraga tradisional ini berarti kita menghidupkan kembali budaya lama untuk menyatukan antara orang tua kita dahulu dengan generasi muda sekarang dan untuk membangitkan semangat generasi muda agar menjadi pemain yang handa. Sedangkan untuk menentukan pemain yang handal tidak hanya menjadi terbaik di tingkat desa kita saja akan tetapi menjadi pemain terbaik antar desa dan antar kecamatan. Kita sama- sama berharap semoga kegiatan turnamen gasing ini berjalan dengan baik dan lancar. Tujuan kita mengikuti kegiatan ini bukan mencari juara atau hadiah saja akan tetapi untuk menjalin silaturrahmi antara sesama kita dan masyarakat dipersilahkan menonton tidak ada larangan asalkan kita selalu mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak aman." tutup Adi Sukemi. (Romi)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update
WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251