WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251 -->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Dua Pelaku Seni Kab Bungo Kembali Ukir Prestasi Di Tingkat Provinsi

Thursday, July 16, 2020 | July 16, 2020 WIB Last Updated 2020-07-16T03:51:02Z

PORTALBUANA.COM BUNGO. Lagu adalah bahasa universal yang mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh masyarakat. Melalui lagu selain medapat hiburan, kita juga bisa mendapatkan informasi dan pendidikan baik dari lirik maupun irama. 

Demikian juga halnya lagu lagu karya cipta yang bersumber dari sejarah dan budaya,tentunya sangat berdampak positif, dan dapat mendatangkan rasa kecintaan, pengetahuan para regenerasi penerus terhadap sejarah dan budaya suatu daerah.

baru baru ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi melalui Museum Perjuangan Rakyat Jambi (MPRJ) mengadakan Lomba Cipta Lagu Perjuangan Rakyat Jambi 2020 dengan tema Perjuangan Rakyat Jambi dalam bingkai lirik dan nada.

Bertujuan untuk mengangkat kembali  tokoh, kelompok, dan peristiwa perjuangan daerah Jambi dalam bentuk lagu. Perlombaan tersebut peruntukan bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum provinsi jambi baik perorangan maupun kelompok.

Dua pelaku seni  (Andra & Yandri) kembali menorah prestasi yang membanggakan di ajang tersebut, melalui dua buah karya lagu yang berjudul "KESATRIO NEGERI” yang menceritakan tentang perjuangan Mat keriting dan Serma Baharuddin di Kabupaten Bungo.

Lagu berbahasa kerinci berjudul “PANGLIMO KINCAI" yang menceritakan perjuangan depati Parbo di Kab.Kerinci. masing masing lagu menceritakan kegagahan dan keberanianpejuang tersebut dalam memperjuangkan kemerdekaan dalam melawan penjajah Belanda.

"Setelah melakukan penilaian dengan cermat dan menyeluruh terhadap semua karya cipta lagu daerah jambi yang telah di terima oleh panitia pelaksana lomba cipta lagu perjuangan rakyat jambi tahun 2020,yaitu sebanyak 41 karya cipta lagu, yang digubah oleh 32 orang.

Dengan ini dewan juri memutuskan 5 karya terbaik salah satunya lagu KESATRIO NEGERI ciptaan saudara Andra & Yandri dan lagu  berjudul “ PANGLIMO KINCAI “ mendapatkan Juara Harapan 2,demikian keputusan ini dibuat dan ditetapkan secara sadar dan penuh rasa tanggung jawab,Jambi 14 juli 2020 " Ucap tiga juri Alex Ar, Andy gomes, Fairiz.

Prestasi ini sungguh menjadi suatu kebangga karena mesti dengan keterbatasan perlatan dan waktu yang mereka miliki dua karya mereka dapat masuk nominasi di antara 41 karya yang terdaftar. Selain itu karya ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk menggali kembali sejarah daerah, lagu ini juga dapat menjadi media edukasi bagi masyarakat untuk mengenal kembali sejarah dan nilai juang para pejuang di negeri Jambi. 

Tak hanya itu ternyata sebelumnya karya dua pelaku seni inisebelumnya juga pernah mendapat penghargaan pada lomba lagu daerah Jambi di  Pestival Batang Hari Tahun 2018 melalui karya yang berjudul “ RAGAM BATHIN”.(E.K)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update