--> WARTAWAN PORTAL BUANA YANG SAH, NAMA NYA TERCANTUM DI BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU PERS DAN SURAT TUGAS, IKLANKAN USAHA ANDA BERSAMA KAMI,KONTAK KAMI

Iklan


APLIKASI PORTALBUANA

Kapolres Mura Himbau Agar Masyarakat Patuhi Maklumat Kapolda

Monday, July 27, 2020, July 27, 2020 WIB Last Updated 2020-07-27T05:19:50Z

PORTALBUANA.COM-MUSI RAWAS,  Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri mengeluarkan Maklumat Larangan Penyalagunaan Senjata Tajam (Sajam).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban umum diwilayah Provinsi Sumsel dan sekitarnya.

Hal tersebut dibenarkan, oleh Kapolres Mura, AKBP Efrannedy saat dimintai keterangan, sekitar pukul 08.00 WIB, Senin (27/7/2020).

"Ya, sesuai maklumat, Kapolda Sumsel tentang Larangan Penyalagunaan Senjata Tajam (Sajam), maka dari itu kita akan sampaikan dan terapkan diwilayah hukum Polres Mura," kata kapolres.


Kapolres menjelaskan, adapun isi maklumat kapolda sumsel mengandung lima item (isi), diantaranya pertama setiap orang dilarang dengan maksud untuk menjaga diri dan bukan dalam profesinya membawa saham, senjata pemukul, dan senjata lainnya yang dapat melukai, mencederai dan membahayakan orang lain, sebagaimana dimaksud dalam undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951.

Kedua, agar setiap orang dapat menjaga keamanan dan ketertiban dalam bermasyarakat dengan cara mematuhi aturan yang berlaku dan tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum seperti penganiayaan, pengeroyokan, pembunuhan, jambret, begal dan premanisme serta tindak pidana lainnya yang dapat merugihkan masyarakat lainnya.

Kemudian, ketiga dilarang main hakim sendiri, penyelesaian masalah dilaksanakan secara musyawarah kekeluargaan dengan melibatkan tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan perangkat pemerintah lainnya (kades, babinsa, bhabinkamtibmas), atau diselesaikan melalui jalur hukum.

Keempat, bagi masyarakat yang melanggar ketentuan diatas maka akan dilakukan tindakan kepolisian yang diperlukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undang yang berlaku.

"Serta, terakhir kelima, kiranya maklumat ini disampaikan untuk diketahui dan dipatuhi oleh seluruh lapisan masyarakat," papar kapolres.

Lebih lanjut, kapolres berharap, kiranya kepada seluruh masyarakat khususnya diwilayah hukum Polres Mura untuk mematahui maklumat tersebut.

Guna menciptakan suasana aman, nyaman dan kondusif serta hal-hal yang tidak diinginkan.

"Yang pastinya maklumat ini dibuat tidak lain untuk menciptakan suasana kamtibmas yang aman dan nyaman," tutupnya.(Fendi/adv)
Komentar

Tampilkan

Terkini

Labuhanbatu

+