-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

PKS PT PAA Simpang Bangko Di Demo Ratusan Mahasiswa

Thursday, August 20, 2020 | August 20, 2020 WIB Last Updated 2020-08-20T16:11:17Z

PORTALBUANA.COM -. BATHIN SOLAPAN -. Puluhan tahun sudah keberadaan PKS PT Pelita Aung Agriindustri (PAA) Simpang Bangko Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis tidak demo. Namun, setelah mendengar adanya aduan dari masyarakat mengenai masalah Pencemaran udara. Ratusan massa yang tergabung dari Mahasiswa dan Masyarakat yang mengatasnamakan ‘Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat’ menggelar aksi damai yang ke dua (2) kalinya di depan Pabrik Kelapa Sawit PT. Pelita Agung Agriindustri  (PAA), pada hari Rabu (20/8).

Dalam kesempatan itu perwakilan aksi demo melakukan orasi silih berganti, sekitar Jam 09:15 WIB ratusan warga dengan menggunakan truk terbuka dilengkapi spanduk dan alat pengeras suara bersama kenderaan roda dua sampai di samping pintu gerbang perusahaan yang telah dijaga oleh beberapa personil Polsek Mandau dan security perusahaan.


Ketua Korlap Umum Iwan Saputra dalam orasinya menyampaikan bahwa aksi demo tak lain yang hanya menunutut hak sebagai warga sekitar perusahan untuk dapat dipekerjakan.

"Perusahaan dinilai telah mengangkangi Perda No 04 Tahun 2004 pasal 7 dan 8 terkait rasio naker lokal dan naker luar, dan ini sudah  pelanggaran terhadap Perda harusnya pihak terkait dapat melakukan tindakan, bila perlu menutup perusahaan ini, mereka  cari duit di daerah kita akan tetapi tidak perduli dengan warga sekitarnya, Karyawan sebanyak 200 orang mayoritas dari luar daerah Lingkungan yaitu dari Medan Sumut, kita disini hanya sebagai penonton dan hanya menikmati asap dan debu dari hasil pabrik serta limbahnya "kata Iwan Saputra dalam orasinya.


Ratusan massa yang menggelar aksi damai tersebut menuntut agar pihak perusahaan lebih mengutamakan Perda Kabupaten Bengkalis No 04 Tahun 2004 tentang ketenagakerjaan, Lalu massa aksi juga menuntut tentang udara kotor dan limbah yang diduga keras beracun dari pihak Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT PAA.

Ketua Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Bengkalis (IPMKB) Rangga Saputra menyebutkan Apabila pihak perusahaan tidak mengindahkan tuntutan kawan-kawan pada hari ini maka saya jamin akan menurunkan Mahasiswa sekabupaten sebanyak 10.000.

“Aksi pada hari ini murni dari Mahasiswa dan Masyarakat tanpa ada ditunggangi oleh pihak mana pun maka saya ikut turun bersama kawan-kawan,” kata Rangga Saputra Ketua yang Sementara itu Koordinator Umum Aksi, Iwan Saputra mengatakan Kami sudah diajak pihak perusahaan untuk audiensi namun pihak Manager tidak memberikan keterangan yang pasti atas tuntutan kami hari ini.

“Insyaallah Kami minggu depan akan turun kembali dengan massa yang lebih banyak dari pada hari ini untuk menggelar aksi Jilid 3,” ujarnya.

Ditambahkan Iwan, Para pekerja yang ada di PKS (Pt PAA) asli masyarakat tempatan disini hanya sebanyak 12 orang selebihnya itu dari luar daerah kebanyakan yaitu dari Sumatera Utara.


“Kami meminta kepada pihak perusahaan PKS PT PAA agar lebih mengutamakan ketenagakerjaan bagi masyarakat tempatan sebanyak 60% karena sesuai dalam Perda Kabupaten Bengkalis no 04 Tahun 2004 dan kami meminta manajemen perusahaan agar diganti karena dianggap kapitalis terhadap masyarakat tempatan,” terangnya.

Sekitar Jam 12.00 WIB siang perwakilan massa diterima pihak perusahaan namun belum dapat menghasilkan titik terang dan hasil keputusan yang pasti.

Pihak perusahaan PKS Pt PAA melalui Humas Syaiful kepada wartawan mengatakan terkait tuntutan tersebut akan kami tampung semuanya" dan kita Sempaikan tuntutan masyarakat tersebut kita sampaikan ke management Perusahaan," kata Syaiful jelasnya.(Tim)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update
WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251