-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Duet SY Fasha-AJB Batal, Pilgub Jambi Hanya Diikuti Tiga Paslon

Monday, September 07, 2020 | September 07, 2020 WIB Last Updated 2020-09-07T11:55:37Z

PORTALBUANA.COM - JAMBI. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi menyatakan, tiga Pasangan Calon (Paslon) yang mendaftar untuk maju dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jambi 2020 sudah lengkap berkas pendaftarannya.

Komisioner KPU Jambi M Sanusi mengatakan, setelah mendaftar, paslon masih harus menjalani pemeriksaan kesehatan pada 5-11 September, verifikasi syarat administratif sampai 22 September, baru kemudian penetapan paslon peserta pilkada pada 23 September dan pencabutan nomor undian pada 24 September.

"Berdasarkan hasil verifikasi administrasi dan syarat dukungan parpol, ketiga paslon gubernur dan wakil gubernur Jambi tersebut memenuhi syarat atau lolos," katanya, Senin (7/9).

Tiga pasangan calon tersebut adalah Bupati Merangin Al Haris yang berpasangan dengan mantan Wakil Walikota Jambi Abdullah Sani. 

Haris - Sani diusung Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan total 17 kursi DPRD Jambi.

Satu partai pengusung lainnya yakni Partai Berkarya dicoret KPU karena administrasi parpol tersebut dianggap tidak jelas.

Kemudian, pasangan kedua adalah Bupati Sarolangun Cek Endra dan Mantan Anggota DPR RI Ratu Munawarroh.

Cek Endra - Ratu diusung Partai Golkar dan PDI Perjuangan. Partai Nasdem yang ikut mendukung dicoret KPU.

Lalu, pasangan ketiga adalah incumbent Fachrori Umar yang maju bersama mantan Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Syafril Nursal. Syafril merupakan putra Kerinci yang juga menjabat Ketua Umum Himpunan Keluarga Kerinci Nasional (HKKN).

FU-SN pasangan ini diusung oleh Partai Gerindra, Partai Demokrat, PPP dan Partai Hanura dengan total 19 kursi DPRD.

Sedangkan Satu pasangan lainnya yang gagal maju adalah Walikota Jambi Syarif Fasha yang berpasangan dengan Walikota Sungaipenuh Asafri Jaya Bakri (AJB).

Sampai batas akhir pendaftaran, pasangan ini gagal melengkapi dukungan parpol dengan syarat 11 kursi di DPRD Jambi.

Fasha - AJB hanya mendapatkan lima kursi dari Partai Nasdem dan PPP, sehingga akhirnya batal bertarung di Pilgub Jambi. Dengan demikian, maka pemilihan gubernur Jambi periode 2021-2024 hanya diikuti 3 pasangan calon.(Dede)


Sumber: kumparan.com

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update
WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251