-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Kampung Hijau Pertamina Sukses Buat Para Ibu Kelurahan Akehuda Semakin Berdaya

Sunday, September 06, 2020 | September 06, 2020 WIB Last Updated 2020-09-06T12:33:13Z

PORTALBUANA.COM, TERNATE. - Program Kampung Hijau Pertamina yang di inisasi Pertamina dan Dompet Dhuafa Pendidikan terbukti berhasil membuat warga Kelurahan Akehuda meningkatkan ekonomi rumah tangga dan penghijauan daerahnya, keberhasilan tersebut tak lepas dari peran aktif warga yang kooperatif dan mau belajar hal baru. Bahkan sebulan sejak dilakukan pembersihan, pembukaan dua lahan baru, dan penyemaian benih oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Marimoi, warga sudah siap memindahkan hasil semaian untuk kemudian ditanam kembali di lahan komunal.

“Warga di sini memiliki semangat belajar tinggi, semakin mereka rajin dan semangat maka semakin banyak pula manfaat yang akan didapatkan. Saya telah berpesan kepada warga agar bisa sama-sama menjaga agar program ini bisa lebih bermanfaat terkhusus untuk kita secara pribadi dan umumnya untuk orang di sekitar kita,” ujar Riswan, Penyuluh Pertanian.


Setiap seminggu sekali warga mengadakan pertemuan rutin untuk mengontrol dan membersihkan lahan komunal. Namun pada Minggu (06/09) para anggota KWT secara khusus melakukan pemindahan tanaman hasil persemaian kelahan yang sudah disediakan. Menurut Agus Rahmat, Kepala Kelurahan Akehuda, adanya program Kampung Hijau Pertamina dapat membantu masyarakat lebih mandiri karena manfaatnya terasa menyeluruh. “Selain membantu dari segi ekonomi dan upaya ketahanan pangan, aktivitas Kampung Hijau Pertamina secara tidak langsung memberikan kesempatan bagi ibu-ibu yang ingin berpenghasilan dengan tetap beraktivitas di rumah,” tukasnya.

“Sedari awal mengikuti program ini bersama teman-teman yang lain, saya merasa senang dan lebih bersemangat untuk menanam. Banyak ilmu baru yang bisa langsung dipraktikkan, meski masih di tahap permulaan tapi kami yakin pasti bisa,” ucap Anti, Ketua KWT Marimoi Kelurahan Akehuda, penuh percaya diri. 

Program Kampung Hijau Pertamina merupakan program CSR binaan Pertamina bersama Dompet Dhuafa Pendidikan dalam menanamkan budaya berkebun di area rumah dengan memanfaatkan ketersediaan lahan terbatas. Kampung Hijau Pertamina berkomitmen membersamai masyarakat meningkatkan kemandirian dan perekonomian daerahnya.  (ARxMI)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update
WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251