WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251 -->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Pemilihan BPD Desa Pematang Obo Berujung Ke PTUN Pekanbaru

Tuesday, September 22, 2020 | September 22, 2020 WIB Last Updated 2020-09-22T05:41:33Z

 PORTALBUANA.COM -, Bathin SOLAPAN. - Perwakilan Tokoh masyarakat dan juga warga melaksakan aksi demo damai di depan kantor desa Pematang Obo, Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis, Senin pagi (21/9) sekitar  09.00 WIB,


Suasana aksi demo damai yang di lakukan tengah pandemi Covid 19, warga yang hadir berjumlah lebih kurang sekitar 50 orang sebagian dengan cara ada yang berdiri dan juga duduk di sekitar halaman kantor Desa Pematang Obo, sembari menyuarakan dan menuntut adanya dugaan kecurangan dalam pemilihan (BPD), yang terkesan dalam pelaksanaannya oleh panitia pemilihan, tidak sesuai dengan (Perda) Kabupaten Bengkalis tentang pemilihan BPD.


Salah seorang warga yang ikut dalam aksi demo, Pendrianto kepada awak media dilapangan, pada Senin (21/9) mengatakan, aksi demo damai yang kami lakukan dengan tokoh masyarakat dan warga ini untuk menindak lanjut dari sanggahan yang dilakukan sejumlah calon mengenai proses pemilihan BPD Pematang Obo.


"Dalam aksi demo damai ini  warga dan tokoh masyarakat menyuarakan dan menuntut proses pemilihan yang ada kawasan Rw,07, jumlah kuota perempuan, juga mempertanyakan surat anjuran sebaliknya saran yang sudah disampaikan dan dilayangkan oleh Camat Bathin Solapan kepada Pemerintah Desa Pematang Obo terkait pemilihan BPD, ter tanggal pada 09 September 2020 minggu lalu" ungkapnya.


Jelas Pendi, "tidak berapa lama pada saat massa menggelar aksi demo, Kepala Desa Pangibulan Sirait mempersilahkan lima orang dari perwakilan massa untuk bertemu dan menyampaikan tuntutan.


Dan sementara yang lainnya, masih tetap berada di seputaran halaman kantor desa sambil menunggu hasil keputusan pertemuan dan perundingan perwakilan warga dan kepala desa Pematang Obo. Dan sekitar jam 11.15 Wib. perwakilan dari warga yang keluar dan menjelaskan hasil pertemuan dengan kedes tidak membuahkan hasil yang sesuai harapan, maka tokoh masyarakat dan warga melanjutkan aksi demo ke kantor kecamatan Bathin Solapan yang berada di Jalan Lintas Duri - Dumai kilometer 18, Kulim.


Di sana mereka mempertanyakan syah apa tidaknya surat yang dilayangkan oleh Camat Bathin Soapan ke Pemerintah Desa Pematang Obo tentang adanya kejanggalan dalam pemilihan BPD, setelah tiba di kantor Camat Bathin Solapan, dengan menggunakan kenderaan roda empat dan sebagian ada memakai sepeda motor Massa menggelar aksi demo damai sama saat demo yang di kantor desa Pematang Obo.


"Perundingan dari perwakilan massa dengan Camat Bathin Solapan bapak WAHYUDIN lumayan cukup lama, Camat Bathin Solapan yang menjelaskan secara rinci ke absahan surat yang beliau layangkan ke Pemdes Pematang Obo, dan selain itu juga, Camat menceritakan saran dan masukan yang sudah pernah disampaikan sebelumnya ke Pemdes Pematang Obo terkait proses pemilihan BPD, agar dilaksanakan sesuai Perda tentang pemilihan BPD, jelas Pendi.



Dalam saran dan juga anjuran dari Camat Bathin Solapan tidak digubris, panitia pelaksanaan berdalih agar harus ada surat secara tertulis perintah untuk pemilihan ulang BPD yang ada di Rw.07 dan juga kuota perempuan, dalam kisruhnya pemilihan BPD Desa Pematang Obo akan ber ujung panjang sepertinya hingga sampai ke PTUN Pekanbaru. 


Tokoh masyarakat dan warga melakukan dan menggelar aksi demo hanya menuntut rasa keadilan dan bukan cuman persoalan menang atau kalah pada saat dilaksanakan pemilihan BPD tersebut.(pyli)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update