WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251 -->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Parah!!! Belajar Daring Siswa SMA 1 Sungai Penuh Masih Bayar Uang Komite

Tuesday, October 20, 2020 | October 20, 2020 WIB Last Updated 2020-10-20T06:15:00Z


PORTALBUANA.COM - SUNGAI PENUH. Wabah virus covid - 19 saat ini masih belum berakhir. Aktifitas kegiatan belajar pun saat ini masih secara daring ( online). Namun saat akan mengikuti ujian smester orang tua siswa banyak yang menjerit. Pasalnya siswa masih dibebankan membayar uang komite. 


Hal ini di rasakan wali murid SMA 1 sungai penuh. Menjerit saat anaknya akan mengikuti ujian harus membayar uang komite jika tidak membayar nomor ujian pun tidak di berikan sehingga tidak bisa mengikuti ujian. 


Saat dikonfirmasi awak media ini salah satu wali murid SMA 1 sungai penuh mengatakan. "anak saya tidak mendapatkan nomor ujian sehingga tidak bisa mengikuti ujian. Karena harus membayar uang komite. 


saya tidak punya uang untuk membayar uang komite sebesar 5000.000 selama 6 bulan tersebut. Buat biaya sehari  hari saja saya hanya bisa mencukupi sekedar buat kebutuhan saja. Ucap wali murid sambil menangis. 


Kepala sekolah SMA 1 sungai penuh saat dikonfirmasi mengatakan. " sebagaimana apa yang di kelukan wali murid kalau tidak bayar uang komite tidak bisa ikut ujian itu tidak benar. Siswa siswa harus ikut ujian tidak ada yang tidak ikut ujian. 


Kalau pun orang tua siswa tersebut benar benar tidak mampu kami bebaskan membayar uang komite dengan syarat ada keterangan tidak mampu dan kartus KIP. Saya sudah wanti wanti sama ketua komite dan wali kelas terkait uang komite ini.  Ucap kepsek. 


Dalam hal ini sebagaimana dalam permendikbud no 75 tahun 2016 yang tertuang dalam pasal 12 Komite Sekolah, baik perseorangan maupun kolektif dilarang: 

a. menjual buku pelajaran, bahan ajar, perlengkapan bahan 

ajar, pakaian seragam, atau bahan pakaian seragam di 

Sekolah; 

b. melakukan pungutan dari peserta didik atau orang 

tua/walinya; 

c. mencederai integritas evaluasi hasil belajar peserta didik 

secara langsung atau tidak langsung; 

d. mencederai integritas seleksi penerimaan peserta didik 

baru secara langsung atau tidak langsung; 

e. melaksanakan kegiatan lain yang mencederai integritas 

Sekolah secara langsung atau tidak langsung; 

f. mengambil atau menyiasati keuntungan ekonomi dari 

pelaksanaan kedudukan, tugas dan fungsi komite 

Sekolah; 

g. memanfaatkan aset Sekolah untuk kepentingan 

pribadi/kelompok; 

h. melakukan kegiatan politik praktis di Sekolah; dan/atau 

i. mengambil keputusan atau tindakan melebihi 

kedudukan, tugas, dan fungsi Komite Sekolah.


Jelas SMA 1 sungai penuh telah menganggkangi pemendikbud tersebut. Saat awak mempertanyakan pemendikbud baru yang membolehkan Sekolah memungut uang komite kepala sekolah SMA 1 sungai penuh tidak dapat menjelaskan. Majelis guru pun ikut mempertanyakan ke awak media bapak mau konfirmasi atau mau apa. Ucap salah satu majelis guru. ( fc) 


No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update