WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251 -->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

GALLERY FOTO


AMDAL Tempat Pembuangan Sampah Akhir Renah Kayu Embun Dipertanyakan

Monday, November 16, 2020 | November 16, 2020 WIB Last Updated 2020-11-15T17:58:39Z


PORTALBUANA.COM - SUNGAI PENUH. Satu-satunya di Indonesia Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) yang berada di dataran tinggi. Di daerah lain TPA berada di dataran rendah, mengingat bahaya yang akan dirasakan oleh masyarakat sekitar.


Di kota sungai penuh, TPA berlokasi di Desa Renah Kayu Embun (RKE) kecamatan Kumun Debai, akhir-akhir ini TPA tersebut menjadi keluhan dan kecemasan bagi warga khususnya masyarakat RKE pada umumnya masyarakat kecamatan Kumun Debai serta akan berimbas pada tiga kecamatan lainnya, seperti kecamatan pondok tinggi, sungai penuh dan sungai bungkal.


Kondisi TPA di RKE sesuai dengan pantauan Portalbuana dilapangan beberapa waktu lalu, dilokasi TPA sudah sangat mengkuatirkan dan juga TPA tersebut akan menjadi bom waktu. Dilokasi TPA ada tempat pengolahan yang ada sampah-sampah tersebut ditarik dengan exvator supaya tidak mengalami penumpukan.


"Kondisi TPA di RKE saat ini memang belum terasa dampaknya, tapi suatu saat TPA tersebut akan meledak,"bom waktu" bagi masyarakat kumun debai" ujar Fery Siswandi, mantan pimpinan DPRD Kabupaten Kerinci dua periode dan tokoh masyarakat kumun debai, saat menyampaikan orasi politiknya beberapa waktu lalu.


Dikatakannya, dijakarta beberapa orang pintar, namun tpanya sempat meledak. Apalagi di Rke hanya main timbun dengan tanah, kata Fery.


"Nantinya, Kumun dan tanjung pauh akan menikmati air yang berasal dari TPA di rke. Mengingat hal tersebut merupakan permasalahan yang tak akan terpecahkan"


Syafrinal, salah satu pengiat lingkungan hidup, kota sungai penuh dan kabupaten kerinci, ketika Portalbuana meminta tanggapannya, Jum'at (13/11/2020) mengatakan, seharusnya lokasi TPA berada di dataran rendah, namun di kota sungai penuh berbeda dengan daerah yang ada di Indonesia, berlokasi di dataran tinggi, sebut Syafrinal.


Selain itu, Syafrinal, juga mengatakan ini Amdal untuk pembangunan TPA di Rke patut dipertanyakan, apakah Pemkot sungai penuh dalam pembangunan TPA di rke sudah mengacu pada Amdal,"amdalkan merupakan survei yang dilakukan oleh pihak terkait, untuk mengeluarkan layaknya tersebut untuk dijadikan TPA. Dan juga apakah menimbulkan dampak bagi masyarakat sekitar" jelasnya. (Dede)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update