WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251 -->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

GALLERY FOTO


Fraksi PKB Bengkalis Usulkan Perda Kuatkan Fungsi Pesantren

Monday, November 16, 2020 | November 16, 2020 WIB Last Updated 2020-11-16T16:18:25Z

PORTALBUANA.COM, _ BENGKALIS. - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPRD Bengkalis mengusulkan Peraturan Daerah tentang Pesantren di Bengkalis. Perda tersebut menguatkan fungsi pesantren yang bukan hanya sebagai pusat dakwah, namun juga sebagai pusat pendidikan agama sekaligus pusat pemberdayaan masyarakat. 


Sekretaris komisi III Surya Budiman dari Fraksi PKB DPRD Kabupaten Bengkalis mengatakan, "Perda usulan Legislatif tersebut  akan dimasukkan dalam Program legislasi daerah (Prolegda) Kabupaten Bengkalis tahun 2021".


 “Anggota Fraksi PKB seluruh seluruh Indonesia juga bergerak mengusulkan perda yang sama di masing-masing daerah,” katanya, Senin (16/11/2020)


Perda pesantren kata dia (Surya Budiman, red) akan menguatkan Undang-undang pesantren yang sudah disahkan DPR pada akhir September lalu. Selama ini, fungsi pesantren hanya dianggap kuat sebagai lembaga dakwah, padahal pesantren juga memiliki fungsi pemberdayaan masyarakat dan fungsi pendidikan. 


“Pendidikan di pesantren nantinya akan menjadi pendidikan formal dan fungsi pemberdayaan masyarakat akan semakin kuat dengan bantuan-bantuan keuangan dari pemerintah daerah,” ujarnya. 


“Fraksi PKB Bengkalis ingin Bengkalis menjadi inisiator bagi daerah lain untuk mengusulkan Perda Pesantren,” ucapnya. 


Di tingkat nasional, Undang-undang Pesantren disahkan DPR pada 24 Desember 2019 menegaskan keberadaan pesantren sebagai lembaga mandiri dengan ciri khas institusi yang menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan.


Pesantren tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan formal saja, melainkan juga sebagai lembaga dakwah dan pemberdayaan masyarakat.(Sht)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update