WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251 -->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Menjelang Pilwako, Diduga Kontraktor Nekat Melanggar Aturan.

Sunday, December 13, 2020 | December 13, 2020 WIB Last Updated 2020-12-13T13:38:14Z


PORTALBUANA.COM - SUNGAI PENUH. Menjelang pemilihan walikota sungai penuh beberapa waktu yang lalu, sejumlah pekerjaan (proyek) Pemerintah, dalam pelaksanaannya menggunakan APBD, diduga banyak yang menyalahi aturan.


Hal ini berdasarkan pantauan Portalbuana dibeberapa titik proyek, kontraktor terkesan tidak mengindahkan peraturan yang sudah ditetapkan. Sehingga masyarakat disekitar tidak mengetahui apa nama pekerjaan dan beberapa jumlah anggaran yang digunakan. 


Padahal didalam undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) nomor: 14 tahun 2008 dikatakan bahwa setiap warga negara berhak untuk mendapatkan informasi. Apalagi pekerjaan yang menggunakan APBD/APBN.


"YA, menjelang pilwako sungai penuh beberapa waktu lalu, ditemukan proyek tanpa mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah" ujar Febri, salah satu LSM yang bergerak dibidang pembangunan.


Dikatakannya, didalam UU KIP nomor 14 tahun 2008 sudah dikatakan bahwa setiap warga negara berhak untuk mendapatkan informasi, apalagi pekerjaan yang menggunakan APBD/APBN, kata Febri.


"Patut dipertanyakan, kontraktor di kota sungai penuh begitu berani melawan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah" ungkapnya, kepada Portalbuana, Sabtu (13/12/2020). 


Ia menambahkan, hal ini dampak dari kurangnya pengawasan dari instansi terkait, sehingga berimbas kepada mutu pekerjaan. Seharusnya masyarakat menikmati pembanggunan yang sudah dikerjakan. 


Salah satu contoh, proyek pembangunan gedung kantor BAPPEDA berlokasi di komplek perkantoran Wali Kota Sungai Penuh. Kontraktor pelaksana begitu nekat menabrak aturan dengan tidak memasang papan informasi dilokasi pekerjaan. (Dede)

No comments:

Post a Comment